Chocolate Cake with Ganache

Ini special aku persembahkan untuk kekasih tersayang, heheehe… aku yang milih untuk ngadoin bikin cake ketimbang beli barang. Ga papah ya sayang kan aku sekalian praktek hihihi…
Bahan – bahan sudah aku persiapkan dari jauh-jauh hari, dan karna ini juga aku jadi punya alasan untuk ke toko ani. Hihihi emang dari dulu udah pengen banget ke toko ani, abis nya tiap kesana pasti uda tutup hik hik hik…


Resepnya aku lupa sumbernya dari mana -.-“ maaf yaa… aku copy resep nya dan sedikit tak mengikuti resep.

Bahan :
A.
160 gr mentega/margarine
160 gr gula kastor
8 butir kuning telur
½ sdt vanili extract (aku ga pake, soalnya ga punya)
160 gr dark cooking chocolate, lelehkan
150 gr terigu protein sedang

B
8 butir putih telur
140 gr gula kastor

C.
6 sdm Selai blueberry secukupnya, panaskan sampai kental

Ganache :
250 ml whipped cream (aku pake anchor)
250 gr dark cooking chocolate

Cara membuatnya ;
1.     Sebelumnya panaskan oven
2.     Kocok mentega dan gula kastor sampai putih dan lembut.
3.     Masukkan kuning telur, kocok sampai naik.
4.     Masukkan coklat leleh, aduk rata dan sisihkan.
5.     Kocok putih telur sampai berbusa, masukkan gula sedikit-sedikit, kocok sampai kaku.
6.     Masukkan terigu, gentian dengan putih telur kocok, ke dalam adonan coklat. Aduk rata.
7.     Tuang ke dalam Loyang, oven sampai matang.

Membuat ganache :
1.     Panaskan whipped cream (tapi aku lebih suka di tim, biar ga terlalu panas), dan di wadah terpisah, potong kecil-kecil coklatnya dan di tim. Kemudian baru campur kedua bahan tersebut dan dinginkan.

Penyelesaiannya :
1.     Aku belah cake menjadi dua bagian, dan olesi dengan selai bluberry.
2.     Kemudian tumpuk lagi dengan cake, olesi tipis-tipis dengan butter cream setelah rapi masukkan ke kulkas selama 30 menit.
3.     Letakkan cake diatas alas kawat, siram perlahan-lahan dengan ganache yang masih kental (oiya..ganache nya aku bikin di sehari sebelum buat kue, dan masukkan ke kulkas, setelah mau di gunakan keruk-keruk ganache dan mikser sebentar kemudian aku tim biar mengental dan gampang untuk di siram di atas cake). Masukkan ke kulkas sebentar saja, kemudian aku siram lagi dengan ganache hingga ganache nya habis.
4.     Hias dengan pagar coklat, butter cream dan gula-gula bentuk hati..serta di pita in merah deh J


Kue nya di bawa sang kekasih ke tempat kerja nya. Hihihih….. Alhamdulillah yang penting cake nyaa selamat, enak, enak, enak dan habiisss… hihihihih 



Selamat ulang tahun yaa sayang ku, mmmmuuuaaahhh……(hugh n kisses from me).

Label: ,