Cupcake Ketan Hitam Kukus




 



Minggu sendiri dirumah..??... ** horeee..horee…** mama and ade-ade ku pada pergiiii.. :)
Rencana nya mau baking bareng temen,tapi gak jadi :-( maaf yaa… kecewaaa kesekian kalinya ..!!
Lagi asik nyantai depan tivi nonton Farah Quinn – Ala Chef, papah ku pulaang.. nawarin mau bikin kue ga?.. (ting..ting..ting….) mauu…mau..mau.. ke pasar yuk pah, beli bahan-bahan nya. Cihuuyy… eike langsung mandi trus melototin resep, apa aja yang bahan yang belum ada. Dan seperti biasa, selalu bingung di depan banyaknya variasi resep. Hahahah…. Mau brownies apa cake? Cup cake? Oven apa kukus yaa?.... halaahhh kelamaan mikir mending langsung capcuuss. Go to pasar darurat.

Sampe di pasar pun semept lupa apa aja yang mau di beli. Hahahah…. Kebiasaan niih..hihihi
Pasar darurat (makasar) – gardu pun aku datangi hihih….. uda sampe, ganti kostum langsung deh ke dapuur..weeeesssssssshh……!!

Pilihan jatuh pada cake ketan item tapi aku kukus.. :)

Cake Ketan Hitam
Resepnya dari blog Bu Ruri


Bahan :

- 6 btr kuning telur
- 5 btr putih telur, di kocok kaku
- 200gr margarine ( Margarine sisa dikit jadi nya aku campur pake minyak goreng, lupa beli hihih)
- 200 gr gula halus
- 200 gr tepung ketan hitam ( aku pake 250 gr)
- 1 sdm emulsifier

- 1 sdt baking powder
Trus aku tambahin
- 1 sdt cream of tar-tar
- Choco Cips dan Coklat untuk hiasan


Cara Membuat :

  1. Siapkan loyang tulban 24cm, olesi margarine ( aku pake cup cake dan loyang oval)
  2. Kocok margarine dan gula sampai putih
  3. Masukkan kuning telur satu-persatu sampai kental, masukkan emulsifier dan baking powder, kocok lagi sampai rata.
  4. Masukkan tepung ketan, aduk dengan menggunakan spatula sampai rata ( males ngaduk pake spatula mending pake mikser dengan kecepatan rendah :) )
  5. Masukkan kocokan putih telur. Aduk rata. ( masukkan juga cream of tar-tar)
  6. Tuang ke dalam loyang. Oven sampai matang. ( aku gak di oven tapi di kukus)
** untuk ukuran cup aku kukus kurleb 3 menit
** untuk di Loyang oval, setengah adonan aku kukus selama kurleb 30 menit lalu keluarkan dan taburkan chocohip dan tutup lagi dengan sisa adonan kemudian di kukus lagi hingga matang kurleb 10 menit, lakukan tes tusuk.



Selama peng-ovenan sempet air nya menjadi kering dan menimbulkan bau gosong hihihi… kirain ada kain terbakar, ternyataa.. huhuhu…. So, periksa air nya jangan sampai kering kaya aku, untung uda mau mateng cake nya hihih…




Dan niat nya pun mau pake ornament coklat untuk hiasan dengan buatan sendiri, tapi apa daya, malah ancur getoo ga owkeh…mang lagi kurang mood sii buatnya (hahah ngeleesss…)

Penampilan nya cantik, dan memuaskan. Termasuk cake ku yang berhasil dan soal rasa jangan di Tanya deh, haha enaaakk…and maknyoooss…. Bunny pun mengakuinya hihi makasih sayang, mmmwaah…. :*









Label: ,