16 Sep 2010

Macaroni Kentang Schotel

Udaaaaahh lamaaa banget.. pengen bikin tapi tak pernah ada kesempatan, hiks mendadak dangdut mulu kalo mau bikin ni macaroni hehehe. Dan seperti biasa searching resep mudah, tepat dan gak ribet di kantor (disela-sela jam kerja yang keliatan sibuk, yaaa sibuk baca-baca kuweh ma blogwalking hihihih, sstt jangan kenceng-kenceng ah tar bos denger, aku di kasih bonus liburan ke hawai lagi hihihi).


Nemu resep yang buuaaanyaaakk banget.. plus punya perbandingan mana yang akan kita uji di dapur, cari yang se singkat-singkatnya, dan se enak enaknya, maksudnya rasa nya lho…
Pilihan jatuh pada resep macaroni schotelnya mba camelia *sok akrab deh loo...xixixiii*
Emang sih , pertama kali baca kok ribet yah di kukus trus di panggang trus buat saos putih nya lagii, weleeh bakalan cepet nda ya bikinnya, pikirku.. tapi, ternyata sodara..sodaraaa bikinnya menyenangkan sekali, mudah sekali, dan gak begitu lama kok asal bahan sudah tersedia (yaaa…uda pada di rebus ma di potong-potongin tentunyaa).

Undang my bunny kerumah buat nyicipin, sekalian buber di rumah hihihi sayaaangg..mmuaah :D
Seperti biasa pula, saya belum terbiasa belanja dengan satu kali belanja, pasti bakalan bolak balik dan adaaaa aja barang yang belom di beli huhuhu.. pikuun apa lier ma pasar yak??mmm mana sampe salah beli, disuruh mama beli toge malah ambil kecambah nya hihihihi ..ketawan dweeeh.

Bunny uda sampe langsung di cuekin ke dapur, sempet bête juga tapi kan aku kasih “maenan” (laptop) biar anteng, tapi lama kelamaan dia tidur *hmm syukuurrr deh pasti kecapean secara baru pulang kerja ehehehe*
Adzaaaann magrib pun tibaa..saatnya berbukaaa.. ^___^
Bunny ku lagi gak makan banyak, bolak balik ke oven kok saus putihnya ga keras-keras yah malah masih mencair kaya susu, yauda deh mending tunggu sampe kejunya ke coklat-coklatan. Setelah balik lagi dan di liat kok masih tetep mencair yah, apa emang begini macaroni nya, apa emang gw nya yang ga tau hiks…. Keluarin aja deh dari oven.

Hmmmmm……… wangiii bangeettt susu dan kejuuu nya nampoooll abiiss..*ngiileeerrr*
Aku bawa satu ke bunny wat cobain, respon pertama sih bilangnya enak. Dan respon pertama dari gw nya pun bilang, dia jujur apa Cuma nyenengin eike yaaa hiks.. seriiuusss enaaakkk.. abiisiin donk makan yang banyaaakkkk….!!

Gw bikin 10, bunny Cuma makan satu katanya uda kenyaang.. tapi ekal customer setia ku, makan 2 setengah, setengah nya lagi mama yang makan tapi gak abis makanya ekal yang abisin ihihih mmuuaaahh.. kata ekal, makanannya bikin dia gendut ada keju ma susu nya yang buaanyaaak..hehehe
1 lagi putri yang makan sisanya, 2 buah gw kasih ke dian, 2 lagi gw kasih ke lena, 1 nya lagi gw kasih ke muti yang lagi maen kerumah pas dian ambil macaroninya. Dua sepupu ku ini udah ta’ sms in suruh kerumah ambiil macaroninya, abiiiss nda ada yang makan, pada gak sukaa kejuu ma susu nya terlalu nampoooll kaya gini, padahal suueerr deh endaaaaanngg bangeet tauuk.. baunya ja menggoda iman hihih.
Responyaa..enaaaaaaakkkk enaaakkk…. Dari pertama di kasih pun lena bilang dari baunya ja uda enak apalagi rasanya hihih… iyaaa pasti enak donk.


Ini dia aku share resep macaroni nya.. (patokannya resep macaroni shotelnya Mba Camelia, miisiii ya mba ta’ contek resepnya, tapi aku ubah dikit hehee..)

Bahan-bahanya :
I klg kornet (kecil)
4 buah kentang (di kukus trus potong dadu)
1 buah keju kraft (parut semua)
Macaroni (secukupnya)
Lada hitam (secukupnya)
Garam (secukupnya)
1 buah bawang Bombay
3 sdm margarine
3 butir telur
400 ml susu

Bahan saus putih :
200 ml susu segar
2 sdm terigu
Lada hitam (secukupnya)
Garam (secukupnya)

Cara membuat : 
1. Masukkan macaroni ke dalam panic yang berisi air mendidih dan beri 2sdm minyak sayur, rebus hingga setengah matang dan sisihkan. 
2. Rebus kentang dan potong dadu 
3. Panaskan margarine, tumis bawang bombing hingga bening dan wangi. Kemudian masukkan kornet aduk-aduk hingga daging matang. Matikan api. 
4. Tambahkan kentang rebus beserta macaroni nya, aduk-aduk jangan sampai hancur serta bahan-bahan lainnya (merica, garam, parutan keju) cicipi hingga pas rasanya. 
5. Kalau rasanya sudah pas masukkan telur kemudian susu dan aduk-aduk hingga rata 
6. Masukkan ke dalam wadah (alumunium foil yang sudha diolesi margarine), kukus lk.20-25 menit keluarkan, sisihkan.

Membuat saus putih :
·      Campur susu dengan tepung hingga larut.
·      Panaskan didalam panci sambil diaduk hingga mengental.
·      Tambahkan garam dan merica secukupnya, sisihkan.

Penyelesaiannya :
·      Siapkan macaroni yang telah dikukus matang.
·      Tutupi atasnya dengan saus putih, taburi keju parut.
·      Panggang hingga keju kecoklatan dan crunchy.
·      Sajikan


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Beri saran ataupun kritiknyaa yaa..
terimakasih sudah berkunjung :D