Semprit Ketan Item




Mauu coba bikini kue keriing aah…kan dikit lagi lebaran hehhe.. :D
Mama siih dah buat nastar, kastengels, putri salju, peanut butter cookies dan kue tulang, tapi buat nambah koleksi kue kering di rumah bikiiiin aaahh… (belajar). Sebelumnya uda buat brownies cookies enak sih tapi tebel banget dan crunchy abis, jadi bingung ini cookies gagal apa nda ya?.. untuk rasanya enak kok. Teruss aku juga buat kue tulang dan yang ini keraaas banget kayak kue ketapang (>.<) dan sekali lagi untuk rasanya jangan ditanya enaaakk berasa banget susu hihih, malahan tante bilang rasa nya mirip monde wew..terbanggg deh :D dan yang ketiga aku buat peanut butter cookies, tapi gosyooong dan terlalu renyaah alias lembeekk, di icip-icip yang tidak begitu gosyoong enak kok, maka dari itu lah mama jadi buat peanut butter cookies dan berhasiil bedanya aku diisi dengan cokelat mama dengan kacang, semua resep yang aku uji coba dari NCC the best pokoknyaa. tapi semuaanya gak aku photo, lah wong penampilannya juelek hihihih… but next aku cobaa buat lagii ah..sampe bisaa..caiiyoo ^_^

Karna memang sudah niat mau buat semprit ketan item dan beli semua bahan-bahanya tapi pas mau bikin ada yang kurang, lupa beli santan. Untuuuung saja warung deket rumah ada yang jual..let’s goo… beraksii
Campur semuaa bahan, dam mulai lah menyempriit… karna baru pertama kali maka yaa okeh okeh jaa, dan memang campuran bahannya itu mirip waktu aku buat peanut butter cookies, radaa basah ma lembek. Setelah di piker-pikirr…*tiiingggg…* santannyaa lupaaaa..!! jiaah lagi-lagi santan, uda setengah Loyang di semprit di masukkin lagi ke baskom buat di campur aduk ma santen, agak ngeri juga takut enceer banget, tapi pas mama bilang “kalo aga encer lebih gampang di semprit”…*tiiinggg…berpikiirr* waahh berarti ini nda apa-apa yaa..hiihihi..kiraiiin gagal maning..gagal maning again :D okeeh..kita lanjuut nyempriit yuuk..
Dalam proses pengerjaannya pun menyenangkan yaa bikinnya cepet, yaa manggangnya cepet (walau Cuma punya listrik yang Cuma muat 1 loyang), yaa beres-beresin alat-alat nya cepet yaa makannya juga cepet *eh gad eh..yang ini aku simpen sampe lebaran tapi tetep aku sisain buat icip-icip sampe hari H nya* memang yaa apapun yang dilakukan dengan ikhlas dan hati senang riang serta sukarela semuanya jadiii menyenangkan.. tapi saya selalu senang kalo baking, lebih menyenangkan dari apapun, bisa ilangin bosan dan suntuk, hehehe namanya juga hobi..dimana-mana menyenangkan…. hmmm I’m lovin it.. :D

Setelaahh jadii, gimana reaksi yang nyobaa :D
Semua bilang enak..krenyess.krenyeess maknyoos dan mirip kue sagu :D heheehe yaa kan bikinnya pake tepung saguu..


Ini dia resepnya nya yang aku ambil dari NCC


Bahan:

150gr   tepung sagu (sagu tani)
200 gr  tepung ketan hitam
100 gr  margarine
50gr     mentega (butter)
150gr   gula halus
1 btr     kuning telur
65ml     santan kental



Cara membuat:
  1. Panaskan oven 140 derajat celcius.
  2. Kocok margarine dan mentega hingga lembut, masukkan gula, kocok rata, tambahkan kuning telur, kocok rata.
  3. Campur tepung sagu dan tepung ketan hitam. Tuang campuran tepung secara bertahap kedalam adonan mentega, aduk rata. Tambahkan santan, aduk lagi hingga rata.
  4. Masukkan adonan kedalam plastik conthong (segitiga), pasang spuit bintang, semprotkan kedalam loyang tipis yg sudah dioles mentega. Hias dengan kenari atau almond jika suka.
  5. Oven selama lk. 25 menit. Jangan angkat kue selagi panas, kue akan mudah hancur.
  6. Biarkan hingga agak dingin, baru pindahkan ke wadah lain.


Label: ,