BITTERBALLEN

apaaan sih itu?... makanan apa itu?..
hehehhe jangan diliat dari nama.. orang kaya aku pasti awam banget denger nama ini..hihih di rasakan lah dari rasa nya ..enyaaak nyaa ..*gaya upin ipin*
kayak kroket tapi bukan hahaha..so tau.. nyobain kroket aja juga uda lupa rasanya gimana wkakakkaka...*norak*
si ayang sms minta cemilan, kaya yang aku buat waktu itu dalemnya ada keju ma beef..(maksudnya si american risoles) hihihihi ada yang ketagihan ni yee :p tapi aku sendiri lagi males buat kulit nya so.. sambil nyobain menu baru maka ketemulah resep ini, gampang sekaleee loh buatnya mudaah.
si ayang gak jadi kerumah.. :( jadinya eike deh yang maen kerumahnya bawa si bitterballen ini, semoga suka yah sayang..

pagi-pagi minta beliin daging giling ma bunda, trus langsung deh buat. rencana mau pergi jam satu tapi tangan masih aja kepal-kepalin adonan hhihi ngareeet deh..sampe jam 12 baru berangkat kerumah yayang dengan membawa cemilan bitterballen frozen yang fresh :D

sampe dirumah yayang langsung goreng.. comenntnya ini mirip nugget tapi kayak kroket dan coba di isi keju pasti lebih enak nih..oia yaa coba ada kejunya pasti enak.... tapi tanpa keju nya pun enaaaak kan yank :D hihihihi..

potonya rada gelap yaa..maklum kamera hape... uda gitu motretnya malem lagii hihihih... :)



ini dia resepnya yang aku copas juga dari blognya mba ricke

Bitterballen

Bahan:
100 gr margarine
1 bawang bombay (75gr), cincang halus
150 gr terigu
350 ml susu cair
250 gr daging cincang (aku campur dengan sosis dan smoked beef)
garam, pala bubuk, merica, gula pasir...secukupnya
1 batang daun bawang, iris halus (resep asli tidak pakai)
100 gr tepung roti (aku pakai yang kasar/bread crumbs)
2 telur, kocok lepas
minyak goreng secukupnya (cukup banyak untuk menggoreng deep frying)

Cara membuat:

1. Sangrai daging sampai airnya habis (tapi jangan terlalu kering)
2. Panaskan margarine, tumis bawang bombay sampai harum, lalu masukkan terigu. Aduk rata.
3. Tuang susu sedikit demi sedikit, sambil aduk terus hingga adonan rata dan kental. Kemudian masukkan berturut-turut, daging cincang, garam, pala, merica, gula. Aduk lagi hingga adonan benar2 rata. Masukkan daun bawang. Diamkan hingga dingin (kalo panas-panas nanti tangannya melepuh, heuheuheuuu...)
4. Bulatkan adonan, besarnya sesuai selera (sebesar bakso aja, jangan terlalu besar). Kemudian gulingkan di tepung roti, celupkan di telur kocok dan gulingkan sekali lagi ke dalam tepung roti.
5. Goreng di dalam minyak panas yg cukup banyak (deep frying) hingga berwarna kuning kecoklatan. Pakai api sedang, jangan terlalu panas supaya tidak cepat gosong. Angkat, tiriskan. Sajikan hangat lebih enak. Bisa dicocol ke saus sambal jika suka.



Tips:
- Satu resep ini hasilnya cukup banyak sekitar 50-an buah, kalau untuk konsumsi keluarga bisa dibuat setengah resep saja.
- Aku cocok dengan resep ini karena hasilnya bagus, cantik dan tidak mudah hancur saat digoreng walaupun sering diaduk-aduk di pengorengan. Kalau masih takut hancur, pada saat membulatkan adonan ambil adonan secukupnya, kepal-kepal dengan tangan sambil dipadatkan lalu bulatkan. Tepung panir kasar juga membantu memperkokoh bagian luarnya daripada tepung panir halus.
- Goreng dengan minyak banyak agar cukup untuk merendam bitterballen-nya (deep frying)

Selamat mencoba! ^_^

Label: ,