Martabak Bolu Pandan

lagi ngidam ma martabak berbau pandan ini apalagi dengan filling durian...sluiuuurrpp yummy banget tuh *ngiler*
setelah melihat resep nya mba ricke, makin ngiler aja deh nih, mau beli ya jauh tempatnya (yang aku tau aja ya.. yg jual martabak pandan ini) tapi mau buat heemm...selalu saja sampe rumah ada aja halangannya..oalaaahh

akhirnya ada kesempatan juga buat martabak bolu pandan heeemmm :D *makin gak sabar*
nguprak-ngaprek di dapur kelar-kelar jam 9 malem, mana si haikal (ade ku yang ndut) udah gak sabaaaarr banget pengen coba, berkali-kali teriak cuma bilang.."teteeeh..udah jadi belooom..., lama banget siih..!! " xixixii.. sabar ya pelanggan, kudu sabar okeehh ^.^ ...

ini dia penampakan martabak bolu pandan isi vla pandan dan keju, nikmat nya.. sungguh ihihhihihi....




udah gak ngidam lagi deh sekarang. rasa martabak ini asin, gurih manis.. nano-nano deh rasanya hehe, mana papa bilang " ini dalemnya belum mateng ya teh.." hihihih "itu vla nya pap.." .. oia sesuai resep yang pertama kali aku bikin yaitu si vla nya kemudian baru martabak nya, tapi entah mengapa si vla nya malah jadi kaya bubur sum-sum yaah.. apa karena si maizena nya ini aku masukkan sebelum si martabak matang makanya jadi begitu huhuhu..jadinya kan gak set di martabak nya ..hemmm :-? dan udah gitu papa pake bilang kurang mengembang gitu..huuuh maybe pap..so far rasanya enaak kan.

*1 resep beda tangan tentu saja beda hasil xixixixi..... praktek teruss ampe perfect :D*

Dan permukaan si martabak bolu ini terlihat menghitam sekali seperti gosyong.. hihihi untuk itu kita bedakin dengan gula donat xixixixi... jadi cantik kan.. apalgi ditambah pemanis sepeti cherry merah hehe..(ni cherry nangkring di kulkas semenjak sisa-sisa bikin black forest ulang tahun sendiri hiyaaa...wkwkwk).


aku share resepnya yaa buat yang mau coba buat..
boleh copas dari blognya mba ricke...*misiii bundaaaaa  :D*

Martabak Bolu Pandan

Bahan A:
100 gram terigu protein sedang
25 gram gula pasir halus
1/2 sdt ragi instant
150 ml santan hangat

Bahan B:
1 butir telur ukuran besar (kalau kecil pakai 2 ya..)
25 ml air perasan daun pandan
1/2 sdt pasta pandan
1/2 sdt baking powder
1/4 sdt soda kue
1 sdt gula pasir (untuk taburan)

Bahan vla:
100 ml santan encer (saya buat dari santan kental instan ukuran 60 ml ditambah air 40 ml)
1/8 sdt garam
3 sdm susu kental manis
1 lembar daun pandan, sobek-sobek
1/4 sdt pasta pandan
1 sdm maizena, dilarutkan dengan sedikit air

Taburan filling:
Keju cheddar parut

Dusting:
Gula halus

Cara membuat:
Filling: Masak santan bersama garam, susu kental manis, pasta pandan dan daun pandan. Aduk-aduk sampai mendidih. Masukkan larutan maizena. Aduk hingga kental dan meletup-letup. Angkat. Sisihkan.
Martabak:

1. Campur terigu dan gula pasir halus. Tuangi santan hangat. Aduk rata dengan whisker hingga halus dan lembut. Masukkan ragi instant. Aduk rata. Diamkan kurang lebih 30 menit hingga 1 jam (tergantung kondisi tempat masing-masing).
2. Kocok lepas telur. Masukkan ke dalam adonan. Aduk rata. Masukkan air perasan daun pandan dan pasta pandan. Aduk rata. Masukkan baking powder. Aduk rata. Diamkan 15 menit.
3. Panaskan loyang martabak hingga cukup panas (jangan terlalu panas ya...). Masukkan soda kue ke dalam adonan, aduk rata. Segera tuang ke dalam loyang martabak yang telah panas. Kecilkan api. Tunggu sampai muncul gelembung-gelembung dan lubang-lubang yang cukup banyak. Tutup loyang (saya menggunakan tutup panci) sampai permukaan agak kering. Taburi gula pasir, tutup lagi sebentar sampai gula agak mencair. Angkat.
4. Belah 2 martabak. Oles 1/2 bagian dengan vla. Taburi keju parut. Tumpuk dengan 1/2 bagian lagi. Dusting permukaan martabak dengan gula halus. Potong-potong. Sajikan hangat.

*Resep ini jadinya hanya 1 buah martabak ukuran sedang. Jika mau membuat 2x atau 3x resep, tetap soda kue dimasukkan terakhir dan per loyang. Ambil adonan untuk per loyang (masukkan ke mangkuk atau gelas ukur), beri 1/4 sdt soda kue, aduk cepat dan segera tuang ke loyang yang sudah dipanaskan. Begitu seterusnya sampai adonan habis.

Label: ,