LBT#6 - Whoopies Pie Coffee Chocolate

huuuuhh .. sampai juga ke tantangan ke-6, aku bikinnya last minute banget bangetttt, sempat pengen absen dulu tapii dengaan power full tekad yang kuat akhirnya bikin, pokoknya sebisa mungkin jangan absen lah di tiap tantangan (yiiihaaaa :p)... tanggal 11 jam setengah 7 baru bikin..(weeww kemana aja neng ....) yang seharusnya sudah siap untuk di setor ini malah baru bikin hehehe... tergiur bikin yang lain PR sendiri malah terlupakan heheh.. 

sebelumnya sempet ijin ke host tantangan kali ini mba vivi, untuk sementara agak telat upload. loyang pertama yang dikeluarkan dari oven di dinginkan sebentar kasih lapisan ganache yang kebetulan lagi punya stok nya langsung deh jepret asal , makanyaa jangan iri yaa background nya gak banget wkwkkwkw .... (whaatt.. iri, ancur iyaa :p) . pada akhirnya adonan masih sisa banyak banget dan langsung aku simpan dalam kulkas, karena kebetulan lagi ada acara bersama teman2 kampus..(walau uda lulus silaturahmi jalaaaaann teruss :D ). berharap sisa adonan gak ngambek dan bisa di oven esok pagi nya hehehe *h2c* .. aku upload sekitar jam 23.30 wib.. dan belum di pindahkan ke album LBT masih di mobile uploads.. yang penting gak telaaatt ya host... cuma telat ngedit photo nya dan kasih resepnya hihihih ^_^v

esok paginya di lanjutkan ngoven kembali.sisa adonannya masih bagus kok. malah tiap keluar dari oven langsung ludes aku cemilin sendiri sambil nonton film hihihi..(nyaamm-nyaammm).

sekarang siapa sih yang gak kenal whoopies pie, karna para host kita telah memperkenalkan cemilan simple ini pada kita semua.. enaaaakk loh, tanpa lapisan pun enak, apalagi pakai lapisan wuiiihh makin lekker deh heheheh :p

aku pake resep dasar yang di berikan para host, sebelumnya aku sudah searching untuk coba resep lain tapi, demi meminimaliskan ke gagalan pake resep yang pernah di share di grup dan sedikit modifikasi (sediiikiiitttt..)





Classic Whoopie Pies Recipe 
by. Claire Ptak
Modified. ricke 'Bunda Nadhifa' Indriani



Bahan :

125 g unslated butter, suhu ruangan (aku pake Mother Choice hehe stok kemarin dapat dari demo :p )
200 g Brown sugar (pake gula pasir 180 gr)
1 btr Telur ukuran besar
1 sdt Vanilla
280 g All purpose flour/terigu protein sedang (segitiga biru)
40 g Coklat bubuk (aku ganti coffee bubuk)
1 1/4 sdt Soda kue (atau bisa juga 1 sdt baking powder+1/2 sdt soda kue)
½ sdt Garam
250 Butter Milk (aku pake yoghurt)



Filling :
ganache
atau bisa juga filling dengan selai dan buttercream



Caranya :
1. Panaskan oven dengan suhu 180°C dan siapkan loyang datar yang di alasi kertas roti.
2. Campur rata Tepung, Baking Powder,Coffe Bubuk, dan Garam, ayak dan sisihkan.
3. Kocok sampai putih dan mengembang Unslated butter dan Brown sugar. Masukkan Telur dan Vanilla, kocok kembali , rendahkan kecepatan mixer.
4. Rendahkan kecepatan mixer, masukkan campuran tepung dan Butter milk kocok sampai tercampur rata.
5. bisa menggunakan scoop ice atau sendok untuk mencetak, tapi aku sendiri adonan di masukkan ke piping bag lalu semprotkan sesuai keinginan dan beri jarak. jika atasnya kurang rata, bisa ditekan2 lembut dengan tangan yang sudah terbasahi oleh air.
6. Panggang sekitar 10 – 12 menit sampai kue matang tetapi masih empuk dan membal bila disentuh (springy to the touch). Angkat. Dinginkan di atas rak kawat. Sisihkan.
7. Oleskan secukupnya filling pada satu buah pie kemudian tutup dengan satu buah pie kembali. Sajikan.


tanpa filling pun nikmaaatt loh :D



Happy Baking to all...



Salam LBT, 
Winda Puspita dari Jakarta-Timur melaporakan ^_^

Label: , ,