LBT#8 - Pizza Sossis

horeeeee... PR kali ini bikin pizza, sedari dulu mau buat selalu niat tapi realisasinya maju mundur kayak angkot kwwkw :D ..

ini pizza pertama akuuu..liat banjir pizza di fb semuanya bagus2 bikin ngeceess mau buat lagi, oia resep nya aku ambil dari blog maki (Mba Yulia Riani) sewaktu ikut tantangan KBB#3 dengan tema Pizza juga. dan menurut host LBT yang penting dough nya buat sendiri serta saus nya boleh yang udah jadi atau instan hiihi cocoklah ini menurutku ^_^





PIZZA SOSIS

diambil dari : blog Maki => Tantangan KBB#3: Pizza
Source: The Perfect Cookbook. David Herbert. Viking. Victoria,
Australia. 2003
http://chefwannabe.wordpress.com/2008/01/31/kbb-tantangan-3-pizza/

Untuk adonan dasar Pizza:
1 sachet (@ 7g = 1/4 oz = 2 sdt) ragi (Misalnya: Fermipan atau merek lainnya)
1 sdt gula pasir
2 ½ cups tepung protein tinggi (tepung cakra kembar) (kurang lebih 350 gr)
garam (irma pakai 1/4 sdt)
2 sdm minyak zaitun (irma pakai minyak makan)

Cara mengolahnya:
1. Larutkan ragi dan gula di mangkuk kecil dengan 200ml air hangat. Aduk rata dan sisihkan selama 10 menit, atau hingga campuran raginya berbuih.

2. Campur tepung dan sejumput garam di mangkuk besar. Buatlah lubang di tengah2 campuran tepung dan masukkan ragi dan olive oil. Campur hingga menjadi adonan.

3. Taburi meja kerja dengan sedikit tepung, lalu uleni adonan selama 5-7 menit, atau hingga lembut dan elastic (ciri-cirinya di tangan dan di meja kerja ga lengket lagi dan adonan kelihatan mengkilat ”).

4. Tempatkan adonan di dalam mangkuk yang sudah diolesi dengan minyak, tutup dengan serbet lembab atau plastik dan biarkan di tempat yang hangat selama 1 – 1 ½ jam, atau hingga adonannya membengkak berlipat ganda.

Saus :
Aku pake saus barbeque secukupnya sampe teroles semuanya :p

Topping :
pake sosis aja.. (gak punya bahan2 lagi, ada kornet tapi kelupaan :( huhuhu )
Keju cheddar ( gak punya mozarella, gak sempet beli T.T )


- Panaskan oven suhu 210C
- Tinju adonan untuk mengeluarkan gelembung udara. Bagi adonan menjadi 2-3 bagian yang sama dan gilas atau tekan-tekan seukuran 4-5mm (¼ inci).
- Pindahkan ke loyang pizza (kalau ada). (Alternatif lain menggunakan loyang biskuit dan adonannya dibentuk bulatan lalu gilas ”). olesi dengan saus, lalu beri keju cheddar kemudian tata topping diatas nya lalu tabur keju lagi.
- Panggang selama 15 menit.

alhamdulillah telah menyelesaikan PR dengan baik walau gak ngaret karena si mozarella nya ora ono... gpp yang penting ade ku sukaaa ^_^ ..hiih dirumah gak ada yg doyan keju soalnya kecuali aku dan ade ku..

Label: , ,