LBT#9 - Sus K3 ( Kornet, Kentang, Keju )

Kayaknya PR ku di LBT#9 mengusung tema choux pastry ini gagal deh, adonan sus nya bantet..apa emang gini atau gimana yaa teksturnya :( hiks… dapet nilai G nih, “Gagal” tapii gapapa yaaa saya setoriin …

Resep yang aku pake copas dari blognya mba Shirley – paiton, dengan jdul Sus Ayam Keju, hihih tapi aku sesuaikan dan isian ala kadarnya dari kulkas ku :p *ceritanya gaya modified* xixixi ..oia aku buat setengah resep dari aslinya :p

ini link resep aslinya : http://dapursolia.blogspot.com/2009/04/sus-ayam-keju-dengan-aroma-black-pepper.html

Aku buat pas hari minggu dengan keadaan badan pegel-pegel semua, itu pun dengan bolak-balik ke warung karena adaa aja bahan yang kurang..*bahan2 dirumah pas2an deng :p* pertama kali percobaan gagal, adonan sus ku kok caiiirrr banget T.T akhirnya bikin lagi deh..mana pas proses pemanggangan luaamaa banget sampa ketiduran untung aja udah di alarm untuk bngun klo gak… heemmm :D jadi sus areng kali yaa hihihi…



****Sus K3 (Kornet, Kentang, Keju)****

Bahan: 
(A) Untuk Sus:
200 ml Air
125 gram Margarin
sejumput Garam
150 gram Tepung terigu protein tinggi (tapi aku pake segitiga aja)
2 butir Telur utuh ukuran sedang

(B) Untuk Isi:
2 sdm Margarin untuk menumis (margarine nya abiiis aku pake mentega aja )
1 siung bawang merah dan putih cincang halus
1 kaleng Kornet ( yg isi 185 gr deh klo gak salah – kecil)
1 buah kentang di rebus sampai matang dan potong dadu
Merica bubuk (secukupnyaa…)
Pala bubuk (secukupnyaa…)
Garam (secukupnyaa…)
1 butir Telur
150 gram Keju cheddar, parut
12 lembar Roti tawar, rendam dalam
50 ml Susu

Cara membuat:
1) Siapkan loyang brownies 10 x 25

2) Sus: didihkan air bersama margarin (ada yang menyarankan jangan sampai mendidih bergolak, cukup sampai mendidih pertama), lalu masukkan garam dan tepung, aduk terus sampai kalis (tercampur seluruhnya dan tidak menempel di panci). Dinginkan sekitar 15-20 menit. Setelah hangat, masukkan telur, sambil dicek apakah adonannya terlalu lembek (gunakan telor yang besarnya sedang, bukan yang jumbo supaya adonan nggak becek). Kocok dengan mixer kecepatan rendah (speed 1) hingga tercampur rata. Masukkan 1/3 hingga 1/2 adonan ke dalam plastik segitiga. Sisihkan.

3) Nyalakan oven, atur pada suhu 200 °C (untuk pemanasan, bisa atur ke 220 derajat, baru diturunkan setelah adonan masuk).

4) Isi: Panaskan margarin. Masukkan bawang merah dan putih, tumis hingga harum. Masukkan kornet, aduk2 hingga berubah warna. Matikan api. Masukkan rendaman roti & susu dan kentang dan keju ( seharusnya si keju di tabur di atasnya saat penyelesaian tapi aku lupa hihihih :p ). Masukkan semua bumbu, aduk rata. Setelah agak dingin, masukkan telur, aduk hingga rata.

5) Penyelesaian: ambil adonan sus dari panci, letakkan di loyang sampai menutupi dasarnya. Masukkan ke dalam oven, stabilkan suhu di 200 °C, panggang selama 10-15 menit sampai busanya hilang dan adonan agak naik. Keluarkan, tata adonan isi. Semprot sisa adonan sus bagian atas, bentuk menjadi silang/pagar. Masukkan kembali dan panggang selama ± 20-25 menit sampai matang / kecoklatan (jangan buka oven sampai adonan matang).

6) Setelah matang, dinginkan lalu potong2 sesuai selera.

7) Jika sus ini harus menginap, masukkan ke dalam wadah kedap udara lalu masukkan kulkas bawah. Ketika akan dinikmati, susun di piring datar, parut sedikit keju mozarella di atasnya, panaskan di microwave selama 2 menit (set to high). Hidangkan dengan sambal botol.


nah ini nih yg bikin aku bingung, nunggu sampai busanya hilang itu lamaaaa banget yaa :( …pada saat proses pemanggangan sus, apa oven ku yg salah yaa, aku pake oven listrik.. dan pemanggangan pertama memakan waktu kurang lebih sejam lebih dikit.. T.T

Terima kasiiih bu host atas tantangannya.. next coba lagi sampai berhasil, walau begini adanya tapi abis loooh dan katanya kurang asin dikit *haiyaaaa… makan ini pake garem aja biar tambah asinnya wkwkwk* kata tante ini cemilan sehat untuk anak-anak bekal sekolah sekaligus mengenyangkan daaaan bikin gemuk ixxixi =))
garnisnya sok iyee.... :p

Label: , ,