LBT#11 - Tres Leches "Simple" Cake

Di tengah-tengah sibuknya kerja yang numpuk..sempatkan diri untuk posting blog sebelum jamuran melanda hiohohoh :D.. berhubung modem dirumah belom di isi-isi pulsanya :( *sebeelll* lebih baik pake yang gratisan hahahah (di kantor)

sampai juga pada tantangan ke-11 dengan tantangan sebelumnya aku pernah absen pada tantangan ke-10 :p..nikmatnya ikut club baking, dari yang gak tau jadi tau, dari yang gak bisa lama-lama bisa dari yang bingung sama resep sampee di baca berulang-ulang kali biar paham *mirip ujian sekolahan* hahahah :p

di tantangan LBT#11 ini mengusung tema "TRES LECHES CAKE" apa hayooo... au deh wkkwkw =)) aku sendiri baru denger, mosook cake direndem 3 macam susu, haiyaaahh bagaimana rupa dan rasa..ngebayanginnya aja udah eneg duluan T.T aku suka susu tapi kurang begitu suka baunyaa..huhuhuh

sedikit cerita untuk mengenal Tres Leches Cake atau Pastel de Tres Leches atau Tree Milk Cake ,atau dalam bahasa disebut 3 Macam / jenis Susu, ( Leches berarti SUSU dalam bahasa spanyol ) . Adalah termasuk jenis Sponge Cake dan ada resep yang menggunakan jenis Butter cake. Tres Leches Cak berasal dari Amerika Latin dan memiliki beberapa versi dan kekhasan dari beberapa negara latin tersebut, yaitu : Cuban version, Dominician version, Peruvian version, dan Nicaraguan version.  

Penggunaan tiga macam susu yang wajib digunakan untuk bahan perendam / siraman adalah sebagai ciri khas dari Tres Leches Cake ini. Yaitu menggunakan susu kental manis ( Sweeted Condensed Milk ), susu kental tawar ( Evaporated Milk ) dan krim kental ( Whipping cream 

tetapiii...eng ing eng, bikin dalam last minute akhirnya pun jadi, untuk yang pertama kalinya hehehe
sempet googling resep tapi malah bingung sendiri ahahha..jadinya sedikit merubah rasa dari resep yang di share oleh para host
sudah banyak teman yang coba kalau sebaiknya gula dikurangin, tapi pas praktek akunya lupa T.T
alhasil jadinya maniiiisss...banget semanis akuu *hoeks* wkkwkwkw =))

setelah jadi setengahnya aku bawa ke acara kopdar komunitas ku, mereka bilang maniisss bangettt.. =__=!! tapi enak kok :D *yiiihaa menghibur gw yg bawa pas ujan2* hihihih...
setengah nya lagi masih nangkring di kulkas sampe saat ini, aku cukup coba sedikit karena memang ternyata manis banget mana pake topping strawberry jam makin biang aja deh manisnyaa..T.T hiks...
gak ada yg icip lagi deehh...




yaudaa ini dia resepnyaaa..(ingaaa...gulanya di kurangin yah sesuai selera kalo gak mau kemanisan kaya manisnya akuh *gubraakkkk*)


Tres Leches Cake ( Pastel de Tres Leches )

Source by The Pioneer Woman
Modified by Vivi Nowotny


Bahan :
140 gram tepung terigu
1 ½ sendok teh baking powder
¼ sendok teh garam
5 butir telur, dipisahkan
180 gram gula pasir, ( dibagi menjadi 140 gram dan 40 gram )
1 sendok teh vanili
80 ml Susu cair ( aku rasa cokelat)

Bahan siraman :
350 ml susu evaporated (aku pake susu UHT cokelat)
350 ml susu kental manis ( aku pake carnation rasa keju)
60 ml krim kental

Untuk Frosting :
strawberry jam

Hiasan :
Cherry semata wayang ( sesuai selera deng hihihi )


Caranya :
1. Panaskan oven,Olesi tipis dengan butter pada loyang. Sisihkan.
2. Ayak tepung, baking powder dan garam; sisihkan.
3. Dalam mangkuk besar. Dengan menggunakan mixer kecepatan tinggi , kocok kuning telur dan 140 gram gula pasir hingga kental dan berwarna pucat. Tambahkan susu cair dan vanili kedalamnya, kocok kembali hingga tercampur rata - kocok sebentar saja.
4. Tuang campuran kuning telur tadi ke dalam campuran tepung dengan menggunakan spatula karet, dengan teknik aduk balik secara perlahan sampai tercampur rata.
5. Kocok putih telur dengan kecepatan tinggi hingga mengembang, kemudian masukan 40 gram gula pasir. Kocok kembali hingga SOFT PEAK
6. Masukan 1/3 adonan tepung kedalam adonan putih telur dengan menggunakan Spatula karet, aduk rata. Kemudian masukkan kembali campuran Putih telur tadi ke dalam adonan tepung, ( Tehnik ini disebut tehnik pancing agar adonan dapat tercampur sempurna ). Aduk - aduk adonan perlahan dengan cara di aduk balik sampai tercampur rata ( homogen ).
7. Tuangkan adonan kedalam loyang. Panggang selama 35 sampai 45 menit ( gunakan dengan test tusuk ). Angkat loyang kue dan biarkan dingin selama kurang lebih 1/2 - 1 jam. Sementara itu untuk membuat siraman, campur dan aduk rata susu kental, susu evaporated dan krim kental di dalam wadah. Sisihkan.
8. Setelah cake dingin. Tusuk - tusuk perlahan permukaan cake menggunakan tusuk gigi atau garpu, dibeberapa bagian cake agar saat cake disiram dengan susu akan terserap lebih baik dan susu tidak menggenang di atas permukaan cake.

Secara perlahan siramkan campuran 3 Susu tadi diatasnya ( saat di siramkan, cake masih di dalam loyang).

9. Masukkan Cake ke dalam lemari es dan biarkan susu sampai betul - betul menyerap ke dalam cake sampai betul betul terserap - kurang lebih 8 jam ( semalam ). Dengan begitu susu akan terserap baik dan tekstur cake akan lebih lembut dan berongga.
10. Penyajian. Berikan frosting diatas cake merata dan hias sesuai selera aandd jepreeett....!! :p


hehe bener juga kata mba Ajeng Rani, seharusnya diberi nama Tres Leches "i'm in Love" cake secara heart-heart an gitu bentuknya hihih...kepikirannya simple soalnya tanpa mengubah resep yang signifikan hehe.. :D

ini ceritaku mana ceritamu ^_^

babaaayyy di tantangan selajutnya...

Label: , ,