Peresmian Pameran Tunggal Drs.Suyadi (Pak Raden) - Noir Et Blanc




Hari Kamis yang kurang semangaaattt.., selepas seharian bekerja dengan berkutat pada layar datar, ketika senja mulai menghampiri, ajakan teman mengunjungi Peresmian Pameran Tunggal Pak Raden pun aku iya-kan, selain tempatnya yang gak begitu jauh dari kantor, dan seperti-nya aku memang sedang butuh hiburan. Walau belum tahu pasti letak pamerannya berlangsung, dan bertanya sana-sini akhirnya pun ketemu juga. Yaa ampuun..ternyata lokasi dari Bentara Budaya Jakarta terletak persis depan gedung kompas gramedia (gedung lama) atau (di dalam komplek kompas gramedia).
Setibanya dilokasi, di depan pintu masuk terdapat sebuah banner besar bertuliskan Pameran Tunggal Sketsa Drs.Suyadi, 60 tahun Pak Raden berkarya, Noir et Blanc (dalam bahasa prancis yang berarti “Hitam Putih”). Dengan pencahayaan yang tidak terlalu terang dan gemerlap, aku pikir ini adalah sebuah acara resmi dan mengijinkan para tamu untuk masuk dengan menggunakan undangan, dan ternyata Free *howraaaayy hihihih. Setelah selesai menuliskan Daftar Hadir pada buku tamu yang tersedia aku mendapatkan sebuah catalog Pameran Tunggal Sketsa Drs.Suyadi (Pak Raden).
Sekilas mengenai Pria Kelahiran Puger Jember, Jawa Timur 28 November 1932 dengan nama asli Raden Soejadi atau dalam rimba seni beliau dikenal dengan nama Drs.Suyadi dan yang lebih familiar dengan nama Pak Raden, yang sering kita dengar menyanyi dalam drama boneka televisi “Si Unyil” ciptaannya. Ciri khas tampilannya dengan beskap dan kumis tebal serta blankon. Bersyukur masa kecil ku masih bisa menikmati dongeng-an ala pak raden dengan gaya sketsa yang khas. Jangan kan aku.. ibu-ku pun pada masa kecilnya sudah menikmati suguhan hiburan drama boneka “si unyil”, akan tetapi di jaman sekarang yang serba modern pun, unyil masih tetap eksis di layar kaca indonesia dengan laptop nya hihihihi... ( i mean “Laptop si Unyil” ;p)
Sebuah catalog unik dengan warna hitam putih sesuai dengan tema Pameran Tunggal nya yaitu Noir et Blanc, dan isi tulisan didalamnya pun diketik dengan menggunakan mesin tik. Dan terdapat pula sketsa-sketsa yang mengisahkan peri kehidupan masyarakat Paris (Prancis), saat Pak Raden sedang belajar animasi tahun 1961-1964, dan ia merupakan mahasiswa pertama dari Indonesia yang belajar animasi di Paris. Wooow.. keren bangettt, secara aku pribadi adalah penyuka animasi yang bermimpi untuk menjadi animator handal. Dengan coretan animasi yang khas Pak Raden sekali serta dibumbui cerita yang cerdik, lucu, nakal serta jahil ikut memberi warna pada sketsa-sketsa yang dipamerkan di Bentara Budaya Palmeran dari tanggal 25 April s.d 05 Mei 2013.



Sebelum Pak Raden mengajak keliling para hadirin yang datang pada Peresmian Pameran Tunggalnya, yang konon merupakan hadiah ulang tahun Pak Raden ke-80 dari para sahabatnya. White Shoes and The Couples Company pun ikut meramaikan suasana dengan menyanyikan 3 buah lagu, 2 lagu diantaranya ber-bahasa prancis. Setelah itu tour pun dimulai. Ada sekitar 60 sketsa yang di Pamerkan, satu per-satu Pak Raden bercerita mengenai sketsa tersebut, aduuuhh rasanya seperti kembali ke masa kecil, saat menonton Pak Raden sambil menggambar kan sketsa dan bercerita, tapi kali ini tinggal bercerita saja dan mengelilingi sketsa yang terpajang rapi di sekeliling ruangan. Cukup banyak yang hadir ke acara peresmian pameran tersebut, rasanya seru sekali ketika para sahabat Pak Raden yang sudah nenek-nenek dan kakek-kakek tersebut saling tegur sapa. Seperti pertemanan tanpa batas, tapi sahabat adalah sahabat tidak ada kata “mantan sahabat”.






Setelah selesai berkeliling, aku memutuskan untuk pulang kerumah (yaiyaaalah…masa mau pergi ke venue yang lain lagi, secara waktu Indonesia bagian rumah pun sudah menunjukkan jam malam, dikarenakan ibunda sudah menunggu manis di kamar). Overall aku seneng, dan merupakan pengalaman baru dan seru mengunjungi event tersebut, next event-event sejenis memang harus dikunjungi :).

Untuk informasi selengkapnya bisa langsung klik kesini 

Label: , ,