Steak Tempe Beef Keju Saus Lada Hitam

Memperingati Hari Tempe Sedunia yang jatuh di tanggal 6 Juni 2013 ... *gw baru tauuuuuuuu..hihihih
jadi keinget sedikit dengan seorang teman yang sekarang entah dimana dan tidak di cari, yang begitu menyukai semua jenis masakan berbahan dasar tempe *hey kamu..kalo masih suka blogwalking di blog aku, masih suka tempe sampai sekarang?... selamat hari kegemaran kamu :)
di hari jum'at cerah ceria, hari kejepit dimana kamis-nya libur dan sabtu kembali libur..iseng browsing resep berbahan dasar tempe, resep unik bahkan bisa menjadi pengganti daging dan cocok untuk vegetarian. hmmm... interesting :)
baydewey ketemu deh tuh, resep steak tempe tapi sedikit modifikasi dari aku siiih hehhe...




Steak Tempe Beef Keju Saus Lada Hitam
ala Winda

Bahan :
300 gr tempe, kukus 15 menit dan haluskan
1 sdm margarin
2 siung bawang putih, haluskan
1/2 buah bawang bombay, cincang halus
100 gr daging giling sapi/ayam, kalo gak ada bisa pakai kornet *tapi aku gak pake,lupa beliiiii
1 btg daun bawang, iris tipis
1 btr telur, kocok lepas
50 gr keju di parut
3 lbr beef
tepung roti, secukupnya
merica dan garam, secukupnya

Saus :
1 sdm margarine
1/2 bawang bombay, cincang
1 sdm tepung terigu
250 ml air matang
1 sdt lada hitam
1/2 bks masako
1 sdm saus tiram
1 sdm kecap manis
1 sdm saus tomat
gula secukupnya

Cara Membuat :
1. Panaskan margarine, tumis bawang putih & bawang bombay sampai harum. masukkan daging giling, masak sampai berubah warna. masukkan daun bawang, aduk sampai layu. angkat.
2. Campur tempe dengan daging. masukkan garam, merica, aduk rata. ambil 1 sdm adonan tempe, bulatkan dan pipihkan, isi dengan beef dan tempe lalu tutup dengan adonan tempe lagi dan pipihkan.
3. Celupkan ke telur kocok, balut dengan tepung roti (ulangi proses ini sampai dua kali, biar lapisan-nya tebal dan menempel dengan manteeppp..) lalu goreng (deep frying) dan tiriskan, angkat.
4. Buat Saus :
Panaskan margarine, masak bawang bombay sampai harum, masukkan tepung terigu, aduk rata. 
masukkan air matang, lada hitam, masako, kecap manis, saus tiram, saus tomat, gula secukupnya dan angkat.

dan gw buat ini ketika hari sabtu, dan dimakan ketika malam minggu hujan ..
agak ketebelan buat adonan steak tempenya, jadi kata yang tester alias sepupu gw tempeee bangettt *fuiih
baiklah dan emang ini tempe kan, siapa juga yang bilang ini daging hahahhaha...
selain buat steak tempe, dirumah juga buat Puding Caramel Custard *fail .. kesalahan karena gw mau ekperimen masukkan tepung custard nya kebanyakan, jadinya malah kayak bubur sum-sum *fuuiiih tapi enak kok ;) ciyuuss deh...lembyuuutttt

Label: ,