Melepas Penat di Kepulauan Seribu


Kepulauan seribu yang tidak seperti namanya yang berarti di dalam gugusan kepulauan itu berjumlah seribu pulau. Akan tetapi ada sekitar 158 pulau dan tidak semua pulau berpenghuni. Walau kepulauan seribu merupakan kepulauan yang terletak di sebelah utara jakarta dan bisa di akses melalui ancol pakai speed boot tapi saya Sama sekali belum pernah melancong kesana, taunya Cuma pantai ancol tok, main pasir di pinggir pantai ancolnya dan itu-pun udah lama banget waktu masih SD. Hiks...

Mengingat kejenuhan yang mulai mendera belakangan ini obatnya Cuma satu yaitu LIBURAN..!!
Walau tiap hari di desktop komputer kerja beralaskan gambar-gambar dari pulau kepulauan seribu, lewat gambar dari hasil googling yang sedikit bisa memanjakan mata saya yang haus akan hiburan ini. Yang sebenernya malah makin membuat saya kepingin banget dibelai sama angin pantai, yang kepingin banget di hangatkan sama mentari di pinggir pantai, yang kepingin banget makan es kelapa sambil mendengarkan nyanyian burung, yang kepingin banget nge-seafood malem-malem bareng seseorang ditemani temaramnya lampu lilin (ehem..) dan yang terpenting, kepingin banget diving sama temen-temennya spongebob.


Sambil menelusuri rasa penasaran saya terhadap Kepulauan Seribu yang sama sekali belum saya jamah, marilah kita browsing. Menurut website http://www.wisatapulauseribu.com/ ada 9 pulau yang sayang untuk dilewatkan mengisi liburan, diantaranya :

Pulau Ayer
Salah satu pulau yang mempunyai sumber air tawar, dengan berbagai macam fasilitas yang bisadigunakan untuk Meeting, Family Gathering dll. Kayaknya cocok yaa buat acara tahunan kantor.

Pulau Bidadari
Katanya ada beberapa cottage yang dibangun diantara pepohonan yang menghadap ke lautan yang membangkitkan suasana romantis, sayangnya di pulau ini gak bisa snorkling.

Pulau Pantara
Yang demen banget scuba diving kayaknya pulau pantara ini cocok deh. Selain itu bisa snorkling, banana boat dll.

Pulau Kotok
Akan ada welcome drink jus kelapa ketika kamu menginjakkan kaki disana, huiiihihi..berasa turis pastinya. Pohon bakau yang besar tumbuh dengan kokoh dari akarnya didalam hamparan pasir putih, nyanyian burung disekitarnya ketika menyambut pagi, biawak jinak yang berkeliaran menambah suasana adventure nan romantis. Duuh..kece gak tuh.

Pulau Putri
Salah satu resor di indonesia yang memiliki Undersea Aquarium, wuaaaahh... jadi pengen liat temen-temennya spongebob bergaya di alamnya, dan tanpa menyelam pastinya.

Pulau Sepa
Pantai dan eskositem bawah laut yang mengagumkan, salah satu tempat favourite untuk para diver. Naah..!! cocok banget yang mupeng sama diving dan snorkling kaya saya, karena kegiatan utama di pulau ini yaa.. diving.

Pulau Pelangi
Yang bisa disebut juga dengan Petondan Barat, pulau kecil dari kepulauan seribu.

Pulau Pramuka
Pulau  yang berdekatan dengan taman laut ini dijadikan tempat ideal untuk mereka yang suka snorkling dan diving. Kemarin temen gw ceritanya katanya dia dapet sertifikat nyelem waktu diving di pulau pramuka, trus gw kapan donk kesininyaaa..

Pulau Tidung
Salah satu pulau terbesar di gugusan kepulauan seribu.

Dari 9 pulau tersebut semuanya sama, sama-sama cantik, sama-sama biru lautnya, sama-sama punya keindahan bawah laut yang menakjubkan. Sebenarnya yang sangat familiar bagi saya hanya pulau bidadari, Pulau Pramuka dan Pulau Tidung saja. Itu pun karena beberapa kali mendapatkan tawaran dari teman untuk touring kesana dan beberapa photo temen yang wara-wiri di social media (makin mupeeeng).
Hmmm... touring pake motor, setelah googling ternyata mana bisa akses ke pulau tersebut dengan menggunakan motor hahahha..



Setelah baca Detik Travel, saya menemukan sisi lain yang menarik yang berbeda dari beberapa pulau yang sudah disebutkan di atas yaitu mengenai 4 pulau yang terkesan mistis di kepulauan seribu Hiiiiihi...

Pulau Onrust yang merupakan Taman Arkeologi Onrust, yang terdapat reruntuhan bangunan Belanda, museum, makam dan sumur. Meski sepi tapi tenang aja ada aja kok orang yang sering kesini untuk kemping, kemping sambil uji nyali kali yaa..asal jangan maen jalangkung kaya di film-film, hiiiiihiii.

Pulau Kelor, yang berhadap-hadapan dengan pulau onrust ini terdapat Benteng Martello yang sering diduga orang berada di Pulau Onrust. Akankah tercipta suasana romantis dimalam hari pada Pulau yang tanpa cahaya ini?

Pulau Cipir, naah ini masih deket dengan pulau onrust dan pulau kelor. Di pulau ini terdapat reruntuhan bangunan rumah sakit yang menghadap laut, konon merupakan rumah sakit karantina penyakit menular pada masa penjajahan Belanda dan pernah menjadi rumah sakit karantina haji. Serta pada masa penjajahan Jepang konon pernah menjadi tempat eksekusi. Hiiii....syereeeeemmmm bikin bulu kuduk merinding. Pulau ekstream, pulau yang cocok untuk uji nyali bagi mereka yang pemberani, dan bukan saya tentunya. Jadi, jangan ajak-ajak kesini yaa..apalagi buat honey moon *diih siapa juga yang mau ajak, huwahahahha..

Pulau Karya yang letaknya cukup ke tengah dari jejeran pulau yang ada di kepulauan seribu dan tetanggaan dengan Pulau Panggang. Semula Pulau karya bernama Pulau Kuburan Cina konon katanya pulau ini pernah menjadi bekas kuburan warga etnis Tionghoa. Jadi inget film vampir cina, hhiiiii.. masih ada gak ya kuburannya disana?.

Walau tekesan mistis, 4 pulau tersebut tidak lepas dari keindahannya yang begitu banyak menyimpan cerita bersejarah.

Oke kalau begitu Salah satu pulau dari Kepulauan seribu akan masuk daftar Liburan pada urutan pertama yang akan saya satroni setelah kerjaan udah gak sesibuk ini (sok sibuuk kaya pejabat), setelah saya bisa ajukan cuti sama bos, dan liburan kesana bersama someone tentunya (ehem...).

Jadi kapan kita berangkat kesana?
Atau ada yang mau ajak saya jalan-jalan gratis kesana?
Gak nolak sumpaaahh...! :p hihiihihi



Tulisan ini diikutsertakan untuk mengikuti Lomba Blog "Keindahan Kepulauan Seribu"



Label: , ,