Korean Restaurat Guide untuk Para Pecinta Kuliner

Dari sebuah film  yang dikemas secara apik dengan alur cerita menarik, yang membuat penontonnya ikut terhanyut dan mendayung-dayung kedalam cerita, apalagi sampai terinspirasi akan budaya, lifestyle, fashion dan FOOD. Dan bukan hanya film saja untuk Music-pun sudah mempunyai banyak tempat di hati penggemarnya. KDrama dan K-Pop yang kini telah banyak diminati oleh semua kalangan di Indonesia.

Selain sebagai tukang nonton KDrama, salah satu hal yang membuat saya sangat penasaran dari Negeri Ginseng tersebut adalah makanannya. Sering kali ketika kita menontonnya akan ada banyak kudapan ringan, makanan utama, atau dessert yang disajikan, tidak jarang itu membuat saya menelan ludah dan rasanya ingin sekali merasakan makanan tersebut sembari ngayal disuapin Lee Min ho, hahaha.. tapi sayangnya, tidak adanya sajian informasi lengkap mengenai Restaurant Korea khususnya di Jakarta.

Sampai akhirnya saya mengetahui kalau Yayasan Makanan Korea (KFF) membuat terobosan terbaru untuk menyajikan informasi yang lengkap mengenai Restaurant Korea yang saya inginkan di Jakarta-Malaysia.





Yayasan Makanan Korea (KFF) apa sih?..
Merupakan suatu organisasi swasta yang memiliki banyak peran penting, mempromosikan tentang keunggulan makanan Korea. Selain itu bertujuan untuk mengembangkan dan menjaga tradisi Makanan Korea dan berusaha untuk globalisasi.

Disamping itu KFF mempunyai misi utama di luar negeri untuk memberikan informasi tentang restaurant korea, panduan penerbitan di luar negeri, dan pengenalan proyek-proyek untuk menghasilkan tenaga profesional di bidang kuliner.Dan juga untuk meningkatkan citra Korea dengan menciptakan lebih banyak kesempatan bagi bisnis yang berhubungan dengan pertanian, kehutanan, laut, restaurant, budaya dan travelling.

Ada banyak informasi yang bisa kamu dapatkan mengenai Masakan Korea, Resep Masakan Korea, Budaya Makanan Korea di www.hansik.org dan www.koreanfood.net. Ini sangat membantu sekali bagi siapa saja yang suka bereksperimen di dapur, membuat hidangan korea di dapur sendiri, kenapa tidak. Tantangan yang sangat menarik menurut saya. hihihihi...

Buku Korean Restaurant Guide hadir dalam tiga bahasa yaitu : Korea, Inggris dan Indonesia. Buku ini dibuat untuk membantu para penikmat kuliner khususnya masakan korea. Dimana para ahli kuliner korea secara langsung mengunjungi 20 restaurant korea terbaik di Jakarta. Dan yang seperti kita ketahui, kritikus kuliner yang sering muncul di TV dengan slogannya "Maknyoooss..", Pak Bondan Winarno turut membantu dalam pembuatan buku tersebut. udah pasti rekomendasi yang passs... ^_^

Gak usah berkecil hati dan jauh-jauh mencari tempat dimana menjual buku Korean Restaurant Guide. Kalau ternyata Buku Korean Restaurant Guide yang juga tersedia dalam buku saku, kini juga hadir dalam bentuk Aplikasi yang langsung bisa di download, secara gratisss.. Horeeee.....!


Cara Men-Download Aplikasinya bagaimana?

1. Buka web http://id.korean-culture.org/welcome.do
disana kamu bisa langsung download aplikasinya, jujur aku belum coba untuk download langsung dari web-nya.

atau bisa langsung dinikmati di Handphone atau Tab kamu, Software aplikasi ini tersedia di Playstore (Android) dan AppStore (iOS), caranya :

1. Ketik nama aplikasi : "Korean Restaurant Guide"
2. Download
3. Jadi deehh kulineran. hehehey...^_^

menggunakan AppStore (iOs)


Cara menggunakannya pun sangat mudah :

1. Pada tampilan Home akan terlihat dua pilihan, Indonesia - Jakarta atau Malaysia - Kuala Lumpur. berhubung saya tinggal di Jakarta mari kita klik Indonesia - Jakarta.




2. Setelah itu akan banyak muncul ada banyak nama-nama restaurant masakan korea yang sudah direkomendasi. Disana kamu tinggal pilih restaurant mana yang hendak kamu pilih untuk destinasi pertama menikmati kuliner korea di Jakarta.


Contohnya : 
Aku pilih Samwon Garden 
Akan ada penjelasan lengkap mengenai restaurant yang kita pilih, Samwon Garden. Sebuah restaurant barbeque terbaik di Korea, yang terletak di kawasan Gangnam yang elit di Seoul. Telah membuka cabang pertamanya di Jakarta. yang menjadi restaurant Korea paling besar dan mewah di Jakarta. dan penjelasan mengenai menu-menu andalan mereka.



Selain itu akan ada info lengkap lainnya seperti : No.Telp, Alamat, Website, Harga / Menu Utama dan Google Maps tempat tersebut. pokoknya tersaji secara lengkap dan nikmat.



3. Untuk Kolom Search, disana kita bisa langsung mencari nama restaurant korea favourite.



4. Biar gak takut nyasar, Korean Restaurant Guide memiliki peta dengan Restaurant Korea yang sudah ditandai. coba dilihat.. restaurant mana yang paling deket dengan rumah atau kantor. Siapa tau selagi makan siang bisa mampir, hehehehe.



5. Selanjutnya ada kolom Menu, untuk saya terutama yang tidak begitu hapal dan mengetahui segala jenis hidangan korea. di Aplikasi ini, akan ada banyak penjelasan seputar masakan korea dari A-Z yang masing-masing dijabarkan dengan empat bahasa yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Melayu, Bahasa Inggris dan Bahasa Korea. contohnya :


Gambar dari Google

Dolsot bap, yang merupakan makanan yang disajikan dalam pot batu panas, Nasi renyah yang ditahur di bawah dan di atasnya ditarus rebusan sayur, daging cincang tumis dan diaduk dengan gochujang, akan tetap panas sampai akhir hidangan.

Gambar dari Google

Galbi Tang, adalah potongan iga sapi yang direndam di dalam air dingin untuk mengeluarkan darahnya, dan direbus bersama dengan lobak sampai empuk. Kuah sup yang jernih penuh rasa dan gurih, serta daging iga-nya yang empuk mudah lepas dari tulang. dan bisa ditambahkan bihun korea.

Menurutku ini penting diketahui untuk menambah wawasan kita mengenai masakan korea, selain itu sebagai acuan untuk memesan menu apa saja saat berada di restaurant korea. biar gak salah pesen sih intinya hahahaha...

6. Informasi mengenai KFF


Aplikasi yang tersedia dalam berbagai bahasa :)

Jaman serba gadget kaya sekarang, Aplikasi Korean Restaurant Guide merupakan terobosan terbaru khususnya untuk lebih mengenal dan mencicipi masakan korea. Jadi, mulai sekarang gak perlu bingung untuk mencari tempat makan makanan korea yang sudah direkomendasikan.


Kabar Gembiranya bagi kalian yang sudah men-download Aplikasi Korean Restaurant Guide. Yayasan Makanan Korea (KFF) bekerja sama dengan Indonesian Food Blogger mengadakan Selfie Competition dengan Aplikasi Korean Restaurant Guide.

Caranya :
1. Posting photo selfie dengan dengan Aplikasi Korean Restaurant Guide di twitter dan instagram.
2. Untuk Twitter, follow & mention @idfoodblogger @hanInPost_Id dengan hastag #KFF #KFoodApplication #idfb.
3. Untuk Instagram. follow @idfoodblogger dan gunakan hastag #KFF #KFoodApplication #idfb.



Jadi, Yang ngaku pecinta K-Pop, KDrama atau kuliner rasanya bakalan gak sah kalo belom download aplikasi "Korea Restaurant Guide" ^__^

Selamat Kukulineran ^_^

Label: , , , ,