Sate Lilit Ikan Khas Bali

Indonesia bukan hanya kaya dan beragam sumber daya manusia-nya, kekayaan alam yang melimpah ruah dan bahasa. Tetapi juga kaya akan cita rasa makanan yang super lezat. Tau kan kalo salah satu masakan daerah dari sumatera barat menjadi makanan yang ter-enak di seluruh dunia. Yap.. apalagi kalo buka rending. Serta sate ayam dan juga nasi gorengnya.

Terus, kalo kamu mendengar salah satu propinsi dari Indonesia yang terkenal dengan pantai-nya yang Indah banget dan romantic, bahkan menjadi satu dari sekian banyak propinsi di Indonesia yang menjadi salah satu tujuan tempat liburan yang asik dan keren.

Bali, yaaap.. pulau dewata yang super duper keren ini bukan Cuma tempatnya aja yang layak dan wajib untuk di kunjungi tapi berbagai kuliner khas-nya yang sayang untuk dilewatkan. Gak usah khawatir kalo belum pernah kesana tapi mau cicipi masakan khas daerah Bali. Karena, udah banyak restaurant yang menyajikan sajian khusus masakan khas daerah Bali. Makanan khas Bali diantaranya ada Ayam Betutu, Serombotan, Nasi Jenggo, Sate Susu, Jaja Bali dan Sate Lilit.



Nah berhubung kepingin banget ngerasain Sate Lilit khas Bali tapi buatan sendiri, pengennya cicipin langsung dari tempat-nya. Yaa akan tetapi belum bisa untuk saat ini, karena yaa ngidamnya sekarang jugaaaaa.. hihihi

Yuukk kita buat, seperti biasa resep disadur dari sajiansedap.com dengan sedikit modifikasi. Minyaknya aku ganti dengan yang lebih kece.. Olive Oil. naahh, info lengkap seputar Olive Oil kamu bisa dapetin di @OliveOil_ID dan Bergabunglah di Revolusi Olive Oil .

cuuss langsung masak...




Sate Lilit Ikan

Bahan Sate :
250 gr daging ikan tenggiri, dihaluskan
100 gr kelapa parut, sangrai
¼ sdt asam jawa
½ sdt merica hitam, ditumbuk kasar
½ sdt gula merah sisir
2 sdm Olive Oil
Batang serai untuk tusukannya

Bumbu Halus :
2 bh cabai merah besar, buang bijinya. Cincang halus
2 bh cabai rawit hijau, buang bijinya, cincang halus
3 siung bawang putih
6 butir bawang merah
1 cm kunyit, di bakar
1 cm jahe
3 butir kemiri, sangrai
1 sdt ketumbar
1 ¼ sdt garam

¼ gula
½ sdt terasi, dibakar



Cara Membuat :
  1. Campur semua bahan adonan sate, aduk rata.
  2. Kemudian campurkan bahan dengan bahan halus, aduk rata
  3. Ambil sedikit adonan, rekatkan pada batang serai, dan bentuk seperti pentul
  4. Bakar dengan bara api sampai matang.
  5. Sajikan.  

Sebagai bahan pelengkapnya aku sajian dengan kecap dan irisan cabai merah. Sewaktu di bakar, aroma dari kelapa serta serai melambai-lambai di hidung, haruummm bangett. Sunguuh menggoda sekali, bikin cepet-cepet pengen melahap.

Tapi, ternyata bukan Cuma aku aja yang tergoda yang ngiler sewaktu sate lilit di bakar. Ade-ku juga udah gak sabar nunggu untuk mencicipinya. dan alhasilnya ludes, semua senang semua kenyaaang hihihihi…

Label: , ,