Nutrisari W'dank Bajigur

Minuman penghangat yang cocok untuk dinikmati ketika mulai musim hujan. Walau setelah hujan pelangi akan datang, akan tetapi masih tetap butuh kehangatan untuk melewati badai ataupun petir yang bersahutan dilangit.

Bajigur, salah satu minuman Tradisi Indonesia yang terbuat dari campuran santan, kopi, gula aren, vanili, garam, gula pasir dan terdapat serutan kelapa muda diatasnya, melengkapi bagi siapa saja yang ingin meraih kehangatan ditiap tegukan. Kala itu dari balik sebuah jendela menatap hujan Minuman khas Jawa Barat ini mampu membuat saya kembali pada masa kecil.







Seringkali ketika menjelang sore kami menunggu abang-abang penjual Bajigur, dengan menggunakan gerobaknya keliling kampung, bukan hanya itu adapun aneka makanan rebus seperti ubi, pisang, kacang dan timus singkong. Saya paling suka minum Bajigur ketika panas-panas, wangi gula merah dan kelapa-nya harum, sesekali kepulan asap membelai hidung ketika perlahan saya tiupkan untuk mendinginkan. Aku dan mama menyantapnya ketika hujan, nikmat sekali saling berbincang mengenai aktifitas masing-masing yang kemudian disela tawa. 

Pendamping Bajigur yang paling saya suka adalah pisang rebus, sedangkan mama paling suka timus singkong. Akan tetapi tanpa bajigur apalah arti aneka makanan rebus tadi. Bagai bunga tanpa lebah, Bagai langit tanpa bintang, bagai aku tanpa dirimu.. tsaaaaahhelah..

Seiring perkembangan jaman yang makin modern, agak membuat sedih. Dikarenakan minuman atau makanan tradisi Indonesia berlarut mulai jarang ditemui. Akan tetapi, Nutrifood mempunyai misi untuk melestarikan tradisi Indonesia yaitu Inspiring a Nutritious Life. Salah satu produknya, Nutrisari yang sudah terlebih dahulu dikenal luas di Indonesia dan Mancanegara ini terus berinovasi dan menghadirkan Nutrisari W'dank. Salah satunya adalah Nutrisari W'dank Bajigur. Minuman hangat khas Indonesia yang mempunyai rasa nikmat dengan kandungan gula yang relatif lebih rendah dibandingkan minuman sejenis.



Yap, kali ini minuman hangat yang membuat saya kangen rumah. kini bisa didapatkan dimana saja dan tersaji dalam bentuk Instan. artinya tanpa perlu lagi saya menunggu dan mencari abang-abang penjual bajigur yang lewat. Nutrisari W'dank Bajigur bisa saya nikmati kembali bersama keluarga , kapan saja dan dimana saja.

Selain itu Nutrisari W'dank Bajigur bisa juga dimodifikasi dengan bahan makanan lainnya, seperti saya yang menambahkan Ronde isi kacang pada minuman Bajigur. Kombinasi yang tak biasa yang menjadi luar biasa, soalnya ronde yang kita kenal dengan air kuah jahe dan gula putih/merah. Keduanya adalah minuman khas budaya Indonesia favourite saya. Tapi mampu menjadi sesuatu yang special untuk dinikmati bersama keluarga.




Ronde Bajigur
sumber : Sedap Saji

Bahan
200 gr tepung ketan putih
1/4 sdt garam
150 ml air hangat
2 tetes perwarna merah
2 tetes perwarna hijau / daun pandan

Bahan isian kacang
300gr kacang tanah kupas, sangrai
100 gr gula pasir
3 sdm tepung sagu
2 sdm selai kacang

Kuah Bajigur :
2 Sachet Nutrisari W'dank Bajigur
air panas secukupnya
(aduk rata)

Cara Membuat (bahan isian) :
1. Haluskan/ blender kacang tanah dengan gula pasir lalu tambahkan tepung sagu.
2. Tambahkan selai kacang kemudian aduk rata.
3. Bentuk menjadi bola-bola bulat, dan adonan siap mengisi ronde.

Cara Membuat (kulit ronde) :
1. Campur tepung ketan dan garam, aduk rata. Tambahkan air hangat sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis.
2. Bagi adonan menjadi 3 bagian. yaitu perwarna merah, hijau dan sisanya biarkan putih.
3. Aduk rata masing-masing adonan. Ambil sedikit bahan ronde, pipihkan, beri isi dan bentuk bulat. Lakukan hingga adonan habis
4. Didihkan air lalu masukkan ronde. Rebus hingga mengapung.
5. Angkat dan tiriskan

Penyelesaian :
1. Siapkan Bajigur yang sudah diseduh kemudian masukkan ronde
makan Bajigur Ronde siap dinikmati.


Label: , , , ,