Kedai Ketan Susu - Tempat Nongkrong Asik di Jakarta Selatan

Udah punya ide untuk pergi hangout kemana weekend nanti?
Sip, udah gak usah galau. disini gw bakalan kasih tau tempat asik buat hangout di Jakarta Selatan.

Jakarta Selatan bagian Cilandak, biasa dikenal dengan tempat nongkrongnya anak gaol se-Jakarta. Rasanya belum gaul kalau belum pernah kesana, apalagi Citos (Cilandak Tows Square) pasti tau kaaaann... Weekend lalu gw berkesempatan untuk menjadi anak gaul Jakarta Selatan. Udah bosen sama Mall, udah bosen sama Restaurant mahal (ciihh.. hahaha). Pengen sesuatu yang berbeda dari kebanyakan tempat buat hangout lainnya.


Terus kemana donk?

Ada tempat kuliner di Jakarta Selatan, letaknya-pun tidak jauh dari Cilandak Town Square. Kalau yang biasa keluar parkir dari Citos lewat pintu belakang, pasti suka lihat deh banner tempat kuliner ini, langsung belok ke-kiri dan violaa ketemu deh. atau bisa diakses juga dari belokan pertama setelah Citos, lurus saja ikuti jalan dan tempatnya ada di sebelah kanan. 
Namanya Kedai Ketan Susu.





Kedai Ketan Susu -  Tempat Asik buat Hangout di Jakarta Selatan

Kesan pertama ketika memasuki kedai tansu (ketan susu) ini homey banget. Walaupun Jakarta lagi panas-panasnya akan tetapi disini lo bakalan nemuin kesejukan, karena terdapat banyak pepohonan yang rindang. Bahkan kalau diperhatikan ada pohon besar yang dibiarkan tumbuh menembus atap kedai. unik yah..! 



Didalam kedai akan terlihat meja dan kursi kayu serta berpadu dengan dinding yang sengaja seperti belum selesai di cat dan finishing. Bahkan ada tempat khusus yang bisa digunakan untuk berbagai acara seperti, Foodies Meetup, Blogger Gathering, Arisan atau acara kumpul-kumpul dengan keluarga besar dll. Selain tempatnya yang nyaman, bersih, juga tersedia akses WiFi gratis. Serta terdapat mushala, dimana jarang sekali tempat kuliner yang menyediakan tempat untuk ibadah, salut deh. Dan disamping Kedai akan segera launching barber shop, saat ini masih dalam tahap rekontruksi. Waduh makin kumplit deh..TOP..!




Asyik santai bareng Keluarga


tenang aja kalo kepanasan ada blower dimana-mana kok,
tapi biar begitu bakalan kalah sama angin semilir






Serta terdapat sudut yang menampilkan lemari ala Jadul dengan hiasan yang unik seperti dua pasang patung pasutri jawa, dan beberapa frame vintage lainnya yang terpampang di dinding. Serta ada lapak jualan buah-buahan. Seperti pepaya yang langsung dibudidayakan oleh Pak Iman serta Lidah Buaya juga ada. Abon Jambrong Unia juga ada loh, untuk yang penasaran dengan abon yang lagi ngeheitz.





Ternyata dibalik Kedai Ketan Susu ada banyak kisah yang diceritakan oleh Pak Iman Julian Harahap selaku Owner dari Kedai Ketan Susu, saat itu beruntungnya gw bisa langsung bertemu dengan beliau yang sedang berbagi cerita untuk menularkan inspirasi dan semangatnya sebagai wirausahawan.


Dibalik Kedai Ketan Susu Cilandak

Pak Iman.J.Harahap yang dibesarkan dari keluarga birokrat yang notabene bukan pebisnis. Berani untuk memulai bisnis restaurant dan meninggalkan pekerjaan yang sudah settle di salah satu Bank Swasta Jakarta. Tepatnya pada bulan Februari 2011 dengan modal sebesar 13 juta rupiah, Pak Iman membuka tempat makan yang berkonsep kedai atau warung kopi. Yang menyajikan berbagai makanan khas Indonesia, mulai dari makanan ringan hingga makanan berat.



Dikarenakan pengalaman Pak Iman.J.Harahap yang pernah menuntut ilmu di Amerika Serikat. Sehingga bisa menarik kesimpulan bahwa makanan Indonesia itu sangat beragam dan ngangenin, beda dengan makanan barat yang terkesan monoton. Inilah salah satu alasan mengapa Pak Iman ingin sekali membuka kedai makan, disamping dengan hobinya yang suka makan dan memasak. Apalagi ibu dan mertuanya jago sekali memasak. Yang kemudian beberapa resep andalan yang ciamik ditularkan kepada Pak Iman untuk ditampilkan dalam jajaran menu andalan di Kedai-nya.


Beberapa Menu Andalan di Kedai Ketan Susu Cilandak

Sudah pasti bisa menebak, bahwa tempat ini yang menjadi primadona-nya adalah Ketan Susu. Olahan Ketan Susu sebenarnya sudah tidak asing lagi untuk Kuliner Indonesia, dikarenakan beras ketan dengan parutan kelapa dan susu sudah diperkenalkan sejak tahun 1950-an. Sampai saat ini sudah banyak daerah yang menyajikan aneka olahan ketan. Seperti Ketan Srikaya dari Sumatera Barat, adapun yang banyak dijadikan panganan cemilan di Pekalongan, Purwokerto, Malang dsb. Serta untuk Jakarta pasti sudah banyak yang mengetahui Ketan Susu Kemayoran yang ngeheitz.


Ketan Susu Srikaya
Dari situlah Pak Iman mulai meng-inovasi-kan olahan Ketan dan Susu ala Kedai Ketan Susu Cilandak. diantaranya ada Ketan Susu Srikaya. Beras ketannya yang pulen, di tuang dengan creamy dari susu yang rasanya soft tidak terlalu manis, Kemudian diatasnya diberi srikaya yang sudah dihaluskan. Sehingga ketiga komponen tersebut, Ketan, Susu, dan Srikaya dijadikan satu dalam sendok kemudian dirasakan. Rasanya sempurna, creamy, soft dan tidak enek. Ini penting loh, karena ada sebagian yang mengira kalau memakai susu maka akan terasa enek dan manis banget. Tapi tidak dengan Ketan Susu Srikaya.



Ini adalah lia yang bersedia menjadi model bersama ketan susu sarikaya.
hihihi #handsinframe #bodyinframe




Kebetulan saya ada dua versi, nah kalau yang ini ketika pulang dari Acara Blogger Sharing Bersama Pak Iman dan Mas Yunus. dapet Goodie Bag berupa kaos bertuliskan Kedai Ketan Susu Cilandak, Lidah Buaya yang panjang banget serta juga dapet Ketan Susu Srikaya. Bedanya ini ada remahan kacang. kalau boleh pilih, gw lebih suka yang ada remahan kacangnya, jadi dapet semuanya ketika beradu dimulut. crunchy and soft.




Ketan Susu Durian
Pecinta durian, jangan sampai melewatkan hidangan yang satu ini. Kalau yang menjadi khas dirumah, biasanya ketan dimakan dengan durian yang sudah menjadi kolak, artinya durian dimasak dengan gula merah sampai kental dan matang. Di Kedai Ketan Susu Cilandak, Ketan Susu Durian disajikan secara harfiah yaitu ketan, susu cair dan daging durian. Semuanya sama enaknya.

Bitter Ballen
Merupakan menu baru yang akan ada di Kedai Ketan Susu. Bentuknya imut-imut, menyerupai bola-bola bekel. Ketika dimakan maka rasa kentangnya sangatlah dominan. Mungkin yang lebih kita kenal dan familiar Bitter Ballen ini mirip perkedel kentang. Bedanya lapisan luarnya selain dilapisi telur juga dibalurkan tepung roti/panir agar terasa lebih crunchy dan cantik.



Es Lidah Buaya
Potongan dadu pada lidah buaya (Aloe Vera) dicampurkan dengan syrup manis yang syegar mampu menyemangatkan hari-hari kita. Potongan lidah buaya yang dipakai pun dengan jenis Sinenis yang berasal dari Asia (Cina) yang artinya, jenis ini merupakan Lidah Buaya khusus untuk dikonsumsi. Dikarenakan mempunyai daging yang tebal dan lendir atau getah yang lebih sedikit.



Berbeda sekali dengan Lidah Buaya yang banyak kita jumpai, biasanya juga bisa ditanam dihalaman rumah yang dapat dipakai untuk kecantikan. Nah kalau yang ini termasuk dalam jenis Barbandensis, yang getah-nya lebih banyak serta dagingnya pun bisa digunakan untuk perawatan rambut dan wajah.

Es Kopi Special
Jaman sekarang bukan hanya orang tua saja yang suka ngopi. Anak muda pun sudah banyak yang menggemarinya, maka dari itu banyak tempat yang menyajikan kopi sebagai minuman yang erat sekali, ketika mengobrol santai dengan kerabat. Jenis kopi yang dipakai adalah Kopi Toraja, Kopi yang terasa pahit dan segar ini bisa bikin melek mata. Karena menurut Pak Iman kebanyakan orang Indonesia cenderung menyukai kopi dengan citarasa pahit dibandingkan dengan asam. Untuk yang tidak terlalu suka kopi, mungkin akan terasa sangat pahit dilidah. Tapi tidak dengan penikmat kopi. Bahwa ditiap tegukan pahitnya ada rasa manis yang tertinggal dalam hati, seperti sebuah kenangan yang tak mungkin terlupakan. ahsiiiikk...


Lagi-lagi Lia bersedia tangannya menjadi model hihihih #handsinframe


Kopi Susu Special
Kopi yang memakai jenis Kopi dari Sumatera, dijelaskan oleh Pak Iman jikalau Kopi ini mempunyai citarasa yang manis seperti dark chocolate pada tegukan terakhir. Padahal ini asli kopi tanpa ada campuran cokelat sama sekali. Tapi, untuk yang tidak paham betul kopi dan filosofinya (kayak gw) maka pada tegukan terakhir mencari rasa dark chocolate hanya menemukan satu rasa yaitu kopi susu yang manis.



Wedang Uwuh / Bir Kampoeng
Wedang yang berarti minuman dan Uwuh yang berarti Sampah dalam Bahasa Jawa. Merupakan minuman yang khas yang banyak ditemui di Yogyakarta. Dikatakan sampah karena bahan-bahan dalam minuman yang berupa macam dedaunan yang mirip dengan sampah. Mempunyai rasa yang unik dan menggelegar. Pedas yang didapatkan dari Jahe, Manis dari gula serta warna merah pada minuman yang dihasilkan dari secang. Disajikan panas atau hangat lebih nikmat, apalagi ditemani rintik hujan yang mulai membasahi bumi. aih.... Cocok banget emang dengan suasana yang di suguhkan Kedai Ketan Susu Cilandak, adem.



Nasi Burih
Merupakan nasi pepes resep keluarga Pak Iman dari Bogor. Nasi burih ini sudah jarang ditemui, maka dari itu Pak Iman inging mengenalkan kembali salah satu sajian khas tersebut. Nasi burih ini agak mirip nasi bakar, akan tetapi beda pada beberapa bumbu dan bahannya. Ketika keluar dari bakaran makan aroma wijen, daun salam serta serai sudah pasti menari-nari ketika hidangan sampai pada meja makan. Nikmat sekali, disajikan bersama sambal dan lalapan pasti akan menyempurnakan makan siang kita kali ini. maknyooss..



Nasi Buntil
Kebanyakan yang kita ketahui buntil yang dibuat sebagai lauk pauk berasal dari daun singkong. Tapi, di Kedai Ketan Susu Cilandak, Pak Iman menggunakan Daun Talas sebagai Inovasinya, dikarenakan menurut Pak Iman daun talas mempunyai tekstur yang lebih lembut dibandingkan dengan daun singkong. Untuk rasa jelas lebih enak.



Nasi Ayam Goreng Madu
Ini bukanlah ayam goreng biasa. Bukan hanya gurih yang didapat tetapi juga manisnya madu. Asal jangan di-madu aja ya. hahahha. Awalnya agak underestimate dengan makanan yang diberi madu, karena terkesan asing dilidah. Maklum deh, taunya madu itu dipadu-padankan dengan sejenis roti maupun cake. Tetapi untuk digabungkan dengan savoury seperti ini memang sangatlah jarang dan ternyata mampu menghasilkan rasa yang tak biasa, unik tapi enak. Selain itu ada telur ceplok, sambal dan kerupuk yang menjadi satuan komplit di piring saya.



Mie Nyemek
Gw taunya mie rebus dan mie goreng. Kalau nyemek artinya mie dengan sedikit air di bawah level mie rebus dan diatas mie goreng (kebayang kan). Dengan potongan cabai rawit dan sayuran, bumbu Mie Nyemek ini cukup terasa dan nikmat. Sedeepp.!

Lontong Sayur Medan
Sekilas mirip dengan lontong sayur pada umumnya. Rasa pedasnya pas sekali menurut gw. ada telur bulat, irisan buah pepaya muda, daging. Cocok sekali sebagai menu sarapan. Btw kalau lagi mampir ke daerah cilandak, Apa salahnya untuk sekedar ngopi pagi dan sarapan dulu disini. seru loh..



Masih banyak menu special lainnya yang dihidangkan di Kedai Ketan Susu Cilandak. Bisa dipastikan semua menu disini akan menjadi menu favourite. contohnya Lontong Sayur Medan dan Es Lidah Buaya. Udah gak bingung lagi kan menentukan mau kemana dan ngapain di akhir pekan.


Selain acara testing food menu andalan Kedai Ketan Susu Cilandak, serta sharing ilmu wirausahawan dari Pak Iman. Mas Yunus juga ikut berbagi mengenai SEO, Tips and Trik seputar Blogging. Disana Mas Yunus menjelaskan bahwasannya kita tak perlu sedih dan merana ketika blog kita sepi pengunjung dan tidak ada coment. Cukuplah dengan konsisten untuk terus menulis satu hari satu artikel. Make it and Forget it. Karena tugas kita sebagai blogger adalah untuk berbagi. jlebbb banget emang. karena salah satu alasan menjadi blogger yang bahagia adalah di komenin di blog-nya bahahahaha.



Sedangkan catatan untuk Food Blogger adalah bahwasannya untuk mengomentari suatu makanan bukanlah sekedar enak atau enak banget. Harus punya sesuatu penjelasan yang spesifikasi dan mendalam mengenai makanan tersebut. Dijelaskan secara nikmat sehingga pembaca pun bisa ikut tervisualkan oleh sebuah tulisan walaupun telah diwakilkan oleh gambar pendukung. Bahkan sekarang banyak pelaku bisnis di bidang kuliner yang senang sekali ketika mendapatkan feedback dari blogger blusukan, yang artinya datang ke-suatu tempat makan tanpa memberitahukan dirinya seorang blogger. Dan kemudian terbitlah artikel. Untuk menyampaikan saran maupun kritik bisa disampaikan secara halus tanpa harus frontal. (catatan penting banget nih..).


Hari yang benar-benar menginspirasi ditempat yang asyik.
Kedai Ketan Susu Cilandak bisa menjadi salah satu option tempat asyik untuk hangout di Jakarta Selatan. Selain ambience yang bikin pengunjung betah untuk berlama-lama disini, Kedai ini juga bisa nikmati oleh semua kalangan kapan saja dikarenakan harga semua menu yang sangat terjangkau sekali. Untuk rasa tidak perlu diragukan, Enak dan memuaskan.


Kalau mau hangout kesini ajak-ajak gw yaa... :D hihihihi...




Label: ,