IPPUDO - The 1st Chicken Ramen Menu in Indonesia


Ramen yang diambil dari kata dari Bahasa Cina "la" yang berarti menarik. dan "mien" yang berarti mie. Jadi, kata Ramen digunakan untuk menggambarkan sebuah produk kuliner berupa mie dengan cara pembuatannya melalui proses tarik menarik adonan. 

Ramen merupakan masakan mie kuah Jepang yang berasal dari Cina. Mie hasil buatan tangan atau mesin yang kemudian diceburkan kedalam sebuah mangkuk berisi kuah yang di masak dari berbagai jenis kaldu, umumnya menggunakan kaldu dasar babi. Orang Jepang pun juga menyebut ramen sebagai chuka soba atau shina soba. Soba dalam bahasa Jepang yang berarti mie.


credit by. www.chasingfooddreams.com

Tapi, untuk pertama kalinya IPPUDO (dibacah : ih-Pu-doh) yang sudah berdiri pada tahun 1985 di Ibukota Ramen Jepang, Hakata (Fukuoka), oleh Shigemi Kawahara, terkenal sebagai Ramen King di seluruh dunia. Memperkenalkan menu ramen ayam pertama diperuntukkan khusus bagi pecinta ramen di Indonesia.



Ramen yang Original dan Otentik.

"Kami sangat senang dapat menyajikan menu chicken ramen yang merupakan terobosan kami bagi para penikmat ramen di Indonesia" - kata Ng Yin Ching, Regional Director IPPUDO Malaysia, Thailand dan Indonesia. 

To Continously Innovate to Remain True - Filosofi Kawahara

Menginspirasi IPPUDO Indonesia untuk menyajikan menu chicken ramen pertama dengan rasa yang sesuai dengan lidah masyarakat Indonesia. Yang dibuat oleh chef yang langsung didatangkan dari Jepang. Beberapa menu memang sengaja diciptakan secara ekslusif bagi pecinta ramen di Indonesia. Dan selama proses pembuatan menu chicken ramen tersebut, IPPUDO Indonesia telah melakukan riset dan pengembangan untuk memastikan tingkat konsistensi kualitas ketika menggunakan bahan-bahan lokal Indonesia. 

Walau beberapa menggunakan bahan lokal Indonesia, akan tetapi citarasa yang disajikan tetaplah original dan otentik dikarenakan IPPUDO selalu menggunakan bahan baku dengan kualitas tinggi demi menghasilkan kombinasi yang tepat antara sup, mie dan bahan lainnya. Bukan hanya bahan bakunya saja, beberapa perlengkapan makan seperti mangkuk yang akan digunakan untuk Ramen, sengaja didatangkan langsung dari Jepang, lagi-lagi demi menjaga kualitas dan originalitas ramen itu sendiri.


Apakah Ramen IPPUDO Halal?

Untuk masyarakat muslim Indonesia khususnya, tidak perlu khawatir untuk menikmati ramen special di IPPUDO Indonesia Halal. Dikarenakan mereka mempunyai dua dapur terpisah diantaranya untuk sajian halal dan non-halal, segala kegiatan dan aktifitas di dapur semua di lakukan terpisah demi menjaga kualitas dan rasa. Perbedaan lainnya pun ditandai pada alat makan yang dipakai. Seperti sumpit cokelat yang berulir digunakan untuk ramen yang mengandung pork, dan sumpit cokelat yang lurus dan rata dipergunakan untuk ramen halal. Sedangkan untuk sendoknya yang putih untuk yang ramen non halal, dan hitam untuk ramen halal.





The 1st Chicken Ramen Menu di Indonesia

Pada acara IPPUDO Blogger Gathering "The 1st Chicken Ramen Menu", Beruntungnya saya berkesempatan untuk menikmati langsung menu chicken ramen secara eksklusif yang akan launching pada bulan 1 Juni 2015 nanti. Ramen yang disajikan di IPPUDO dibuat secara fresh from the oven ketika ada yang memesan dan pembuatannya pun dapan dilihat secara langsung dari luar.


Takashi Mikami San yang sedang beraksi di dapur


Appetizer
Selagi bintang utamanya, chicken ramen dibuat. saya sudah disuguhkan appetizer yang menggodda sekali. Dan semuanya enak banget, sueerrrr..!. Salmon Roll dengan tekstur yang lembut banget, langsung lumer dimulut, kemudian ada Grilled Chicken saus lada hitam dan selada yang diapit bun putih (Bakpao) mempunyai porsi sekali Hap yang lezat banget, kemudian favourit gw adalah Spicy Shrimp Mayo, udang yang dibalut terigu dan digoreng renyah kemudian di cocol dengan mayo pedas, (bukan sekedar pedas tapi pedas beneran hehehe..). Permulaan yang menarik banget.








Kemudian untuk ramen bintang utamanya dijelaskan ada dua pilihan yaitu : Tokyo Chicken Shoyu Ramen dan Spicy Chicken Ramen.


Tokyo Chicken Shoyu Ramen,
Mie yang disajikan dalam kual kaldu ayam jernih, dipadukan dengan bumbu shoyu special. didalamnya ada Menma (olahan rebung) yang sebelumnya saya kira adalah jamur :p. Narutomaki (baso ikan), sayuran dan lengkap dengan potongan Ayam Chasu yang lembut dan empuk sekali.





Spicy Chicken Ramen
Orang Indonesia merupakan pecinta pedas. Ramen yang satu ini dibuat dengan selera cita rasa pedas yang special. Diantaranya menggunakan 4 macam cabai salah satunya cabai rawit dan aneka bumbu pedas dan sambal khusus. Tidak ada "level" kepedasan pada ramen ini, akan tetapi ketika ingin menikmatinya bisa ditakar sesuai selera, karena sambal yang terdapat pada Spicy Chicken Ramen tidak langsung di campur pada kaldu ayam jernih, yang merupakan hasil rebusan sari pati ayam yang direbus selama lebih dari 5 jam. Sebagai pelengkap terdapat Menma (olahan rebung) dan Ayam Chasu dengan tingkat kematangan yang pas sekali.

Buat saya pribadi, kuah ramen di IPPUDO benar-benar nikmat. Jarang menemukan kuah ramen yang pas sekali. Rasanya pernah beberapa kali mencoba ramen ditempat lain tapi belum ada yang se-pas ini. Recomended..!





Starwberry Frizz
Untuk pelepas dahaga telah tersaji minuman dingin yang special sebagai welcome drink, Strawberry Frizz. Yang mempunyai rasa asam dan manis, walaupun mengandung soda akan tetapi minuman segar yang satu ini bikin nyaman diperut saya. Satu gelas habis tak tersisa.



Teh Ocha
Setelah itu ada minuman teh hijau khas Jepang atau yang biasa kita kenal dengan nama "Ocha" nah minuman yang satu ini bisa direfill loh.



Selain Chicken Ramen, Ada Menu Halal Lainnya loh..


Selain menyajikan chicken ramen, IPPUDO juga mempunyai beberapa menu halal lainnya yang sayang untuk dilewatkan.



Chicken Katsu


Chicken Tempura Rice


Ebi Katsu Bun


Grilled Chicken Bun


Ippudo Spicy Chicken Wings


Ippudo Teppan Garlic Rice with Chicken


Ippudo Teppan Garlic Rice with Beef


Saikoro Steak


Salmon Salad with Japanese Dressing


Seared Salmon Roll with Mentaiko


Spicy Shrimp Mayo


Cara Unik Menikmati Ramen

Sebelum menikmati Chicken Ramen, Takashi Mikami San mempraktekkan bagaimana cara menikmati ramen. di Jepang cara untuk tersebut dinamai dengan tekhnik "Zuzuto"yaitu cara menyeruput mie hingga habis sampai bagian ujungnya tanpa terputus dan terdengan bunyi "Slurrrp". itu berarti ramen yang dimakan terasa nikmat dan "oishii".

Sempet pengen nyoba, tapi keselek duluan hahahhaha...




Salah satu karikatur komik yang menjadi hiasan di IPPUDO


Luxury Interior at IPPUDO Indonesia

Saat ini IPPUDO sudah terdapat lebih dari 80 restaurant diseluruh Jepang dan lebih dari 45 kios di berbagai kota besar secara International. Lebih dari sekedar menyajikan semangkuk mie kepada konsumen IPPUDO Indonesia, pelayanan yang ramah, tempat yang nyaman, bersih serta mewah.








IPPUDO Indonesia yang berlokasi di Pacific Place lantai 5 dengan interior dan design seperti restoran Jepang telah memberikan saya kesempatan dan pengalaman yang seru dalam menikmati ramen yang luar biasa. Ada banyak mangkuk-mangkuk yang diperuntukkan untuk ramen berjajar di dinding, membuat penikmat ramen merasakan sensasi ala restoran Jepang.

Apalagi kuah ramennya benar-benar membuat saya jatuh cinta berkali-kali pada tiap slurp-annya. Sekali coba pasti bakalan ketagihan. Bumbu-bumbu ajaib dalam mangkuk itu akan selalu membuat saya ingin kembali lagi dan lagi. beneran deh.. jarang banget nemuin ramen se-enak ini.






Ramen For Everyone, Smile For Everyone"Arigatou" From Our Heart
By. IPPUDO






IPPUDO Indonesia
Pacific Place 5th Floor
SCBD Jl. Jend.Sudirman Kav.52-53
Jakarta Selatan 12190
www.ippudo.co.id

Facebook | Twitter | Instagram

Label: , ,