9 Tempat Wisata dan 7 Makanan Khas Yogyakarta Yang Wajib DiKunjungi

Ketika mulai merasakan kejenuhan akan rutinitas. Salah satu hal yang ingin dilakukan adalah untuk melarikan diri sejenak dari cengkraman aktifitas yang bikin jera. Yap.. Gw pengen Keliling Nusantara Menikmati Keindahan Indonesia

Daerah yang terletak di bagian selatan Pulau Jawa dan berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah serta Samudra Hindia ini begitu Istimewa. Daerah Istimewa Yogyakarta. Yang akan menjadi tujuan gw selanjutnya dalam jejak langkah pencarian. Keragaman budaya, kuliner serta lukisan sang maha pencipta secara nyata terukir indah disana. Tidak heran kalau daerah ini menjadi tempat tujuan wisata andalan setelah Provinsi Bali dan masuk kedalam jajaran daerah yang aman untuk solo travelling pemula seperti gw.

Daerah Istimewa Yogyakarta, memiliki luas 3.185,80 km2 menurut data wikipedia. Telah menjadi tujuan kaki ini selanjutnya untuk berpijak. Walaupun sempat mengalami beberapa bencana alam besar tak menyurutkan kecantikannya. Daerah yang selalu mempunyai tempat di hati dan tetap di kagumi.

Mungkin perjalanan ini akan menjadi yang pertama kali dilakukan gw seorang diri. Sebelumnya pernah sekali untuk menginjakkan kaki di Yogyakarta, tetapi hanya untuk singgah sejenak ketika harus pergi ke Temanggung. Kali ini akan gw pastikan menjadi perjalanan berbeda. Gak mau lagi touring naik motor untuk plesir kesana, karena memastikan diri untuk mempersiapkan tenaga mengitari seisi keindahan Yogyakarta.

Airpaz telah memberikan gw salah satu langkah kemudahan untuk menggapai rencana solo travelling. Ada banyak maskapai penerbangan yang ditawarkan Airpaz untuk bisa mencapai ke Yogyakarta. Kali ini sambil leyeh-leyeh minum kopi sembari nonton drama korea. Dalam hitungan menit akhirnya Tiket Pesawat dengan tujuan Jakarta-Yogyakarta-Jakarta maskapai penerbangan Citilink berhasil di booking. Harganya pas banget sesuai budget untuk solo travelling kali ini. 

Apa yang membuat gw memutuskan untuk pergi kesana seorang diri. Selain melarikan diri dari keriuhan yang terjadi. Tentunya dalam rangka pencarian jati diri dan mencari jodoh. hmpph.. entah kenapa kalau travelling gw selalu ngarep ketemu jodoh kaya di film-film. Padahal kan mustahil. Okesip mari kita intip hal-hal istimewa yang akan gw jelajah. 


9 Keindahan Lukisan Alam yang Terukir di Daerah Istimewa Yogyakarta :



1. Candi Borobudur
Yap, Candi Borobudur termasuk menjadi salah satu Keajaiban Dunia. Gak heran kalau tiap hari raya Waisak, Candi Buddha menjadi salah tempat ziarah keagamaan dan tempat untuk memperingati Trisuci Waisak. Akan tetapi alangkah baiknya ketika Hari Raya Waisak tiba, sebagai wisatawan yang ingin ikut melihat proses perayaan tersebut, jangan sampai mengganggu yang sedang beribadah.

Konon monumen Buddha terbesar di dunia ini terdiri dari enam teras yang berbentuk bujur sangkar yang diatasnya terdapat tiga pelataran melingkar. Bahkan Borobudur telah memiliki koleksi relief Buddha terlengkap dan terbanyak di dunia. Stupa utama terbesar berada di tengah yang sekaligus menjadi mahkota bangunan ini, dikelilingi oleh tiga barisan melingkar 72 stupa berlubang, didalamnya terdapat arca buddha yang tengah duduk bersila dalam posisi teratai sempurna dengan mudra (sikap tangan) dan dharmachakra mudra (memutar roda dharma).


Photo by. http://borobudurpark.com/

Selain mempunya ratusan anak tangga untuk bisa sampai puncak. dan mempunyai 1.460 panel relief yang terukir pada dinding dan pagar langkan. Inilah salah satunya yang menjadi daya tarik gw untuk datang ke Candi Borobudur, untuk bisa menggapai salah satu arca buddha yang yang berada di stupa. Konon menurut cerita yang beredar, apabila tangan kita sampai untuk memegang arca tersebut, segala hajat dan cita-cita akan bisa terkabulkan. yaa.. namanya juga kepercayaan. Meski tidak terlalu mempercayai, kayaknya seru untuk mencobanya biar tidak lagi pulang membawa rasa penasaran.

Semoga kata-kata ini juga menjadi penghantar bagaimana sebuah candi borobudur yang pertama kali gw lihat gambarnya pada sebuah buku sejarah di sekolah dasar mampu membuat gw untuk melihatnya secara nyata tanpa ilusi maupun mimpi.



Photo by. http://keliling-dunia-seru.blogspot.com


Candi Borobudur

Jl.Badrawati, Borobudur
Magelang, Jawa Tengah 56553

2. Candi Prambanan
Pasti pernah denger donk cerita sejarah mengenai Roro Jongrang. Nah, kisah tersebut memang merupakan asal usul dari hadirnya Candi Prambanan. Sebuah Candi yang dibangun dalam kurun waktu satu malam oleh Bondowoso sebagai persyaratan yang diajukan oleh Roro Jongrang. Singkat cerita karena merasa tertipu pada akhirnya Bondowoso mengutuk sang putri menjadi candi yang ke-1000.


Photo by. http://www.rantinandrovin.com/

Itulah sebabnya terkadang ketika kita mengerjakan sesuatu yang besar dalam waktu semalaman dengan keren menyebutnya dengan project Roro Jonggrang. Padahal project yang dijalankan gak seberapa, dibanding membangun 999 candi semalaman. fuih...!

Seribu candi dengan penuh pesona termasuk patung Roro Jonggrang, yang tak akan pernah lepas untuk dinikmati disetiap celahnya. Destinasi yang wajib, belum sah jika ke Yogyakarta kalau belum menelusuri Candi.


Candi Prambanan

Jl. Raya Jogja - Solo Km16
Prambanan, Sleman,
Yogyakarta 55571


3. Ratu Boko
Komplek Istana Ratu Boko terletak di Bukit Boko yang lokasinya tidak jauh dari Candi Prambanan. Ada banyak peninggalan bersejarah yang unik dan menarik yang sayang untuk dilewatkan. Konon tempat ini merupakan sebuah Istana Ratu Boko dengan mempunyai dua bagian yaitu bukit barat dan bukit timur.

Bahkan hamparan rerumputan hijau disana membuat Istana Ratu Boko semakin memukau untuk segera dimasukkan dalam daftar penjelajahan di Yogyakarta


Photo by. Nooreva at deviantArt


Ratu Boko

Jl.Prambanan Priyungan
Bokoharjo Prambanan
Sleman, Yogyakarta


4. Punthuk Setumbu
Melipir ke daerah selanjutnya yang berjarak sekitar 4 km dari arah barat Candi Borobudur. Punthuk Setumbu yang berada di Desa Karangrejo, merupakan salah satu bukit dengan ketinggian sekitar 400 mdpl yang terletak di antara Pegunungan Menoreh.  

Bukan sebuah perjalanan yang biasa, membutuhkan perjuangan untuk menikmati keindahan alam yang luar biasa. Walau harus berlelah untuk trekking di pagi buta, Semua itu akan terhapus oleh sunrise yang nampak malu-malu muncul dengan latar Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Sapuan kabut tipis pada bayang Candi Borobudur, seolah menjadi seperti lautan yang membuatnya nampak melayang. Itulah sebabnya Punthuk Setumbu disebut Borobudur Nirwana Sunrise.


Photo by. http://nationalgeographic.com

Punthuk Setumbu merupakan salah satu bukit yang akan memanjakan mata untuk menikmati keindahan sunrise seperti melihat sunrise di Gunung Bromo dan Gunung Sikunir, Dieng. Alhamdulillah keduanya sudah pernah di jamah, dan tak pernah menolak apabila untuk kembali kesana. Kecuali ke Punthuk Setumb, makanya penasaran banget untuk bisa menikmati sunrise disini. Bahkan keindahan yang tersaji di bukit ini persis seperti yang ada di Bagan, Myanmar.


Bagan, Myanmar
Photo by. http://roughguides.com

Bahwa keindahan Candi Borobudur pada sisi berbeda yang bisa disaksikan di Punthuk Setumbu, hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 30.000,-. Buat apa untuk melalang buana hingga ke negeri sebrang kalau negeri sendiri-pun kaya akan keindahan lukisan alamnya.


Photo by. smithsonianmag.com


5. Gumuk Pasir Parangkusumo
Tidak perlu jauh-jauh untuk menikmati sandboarding di Australia, cukup pergi melangkahkan kaki ke Gumuk Pasir Parangkusumo. Gumuk yang diambil dari bahasa jawa yang berarti tumpukkan atau gundukkan. Sedangkan Parangkusumo merupakan tempat dimana gundukkan tersebut berada.

Bahkan disana banyak dijajakan penyewaan papan skateboard bagi para turis yang ingin merasakan sensasi sandboarding di atas gurun pasir kira-kira sebesar Rp. 150.000,- sampai puas. Yap, tempat ini merupakan gurun pasir kedua setelah Gurun Sahara.


Photo by. fajarindra.web.id

Entahlah ketika pertama kali mengetahui tempat tersebut berada di Yogyakarta seakan adrenalin terpacu dan makin excited untuk berseluncur bebas. Gumuk Pasir Parangkusumo tercipta oleh kumpulan dari material abu vulkanik gunung yang terbawa oleh aliran sungai Opak hingga akhirnya sampai ke Pantai Parangtritis. Proses abu vulkanik yang terbawa ke tepi pantai dan ketika kering terbawa angin dengan berulang-ulang terjadi hingga akhirnya membentuk gundukkan pasir.

Semoga nanti ketika bertandang kesini, cuaca sedang bersahabat. Karena jikalau hujan datang menyambangi dipastikan tidak akan bisa untuk terjun manis diatas dundukkan pasir.


Bukan Gurun Sahara, Ini Asli Indonesia - Gumuk Pasir Parangkusumo
Photo by. valadoo.com


6. Pantai Parantritis
Setelah lelah berseluncur diatas gundukkan pasir, yang seakan seperti menantang bahaya. Saatnya memanjakkan diri dengan semilir angin pantai yang dengan lembut membelai rambut. Angin pantai emang beda.


Photo from Pinterest


Menelusuri bibir pantai sambil berkuda, aduhai romantisnya
Photo by. Alex Hanoko

Pantai Parangtritis menawarkan keindahan seperti pantai pada umumnya namun dengan sensasi yang menggelora. Ombak yang terkadang tenang maupun dahsyat. Menyusuri pantai dengan menunggang kuda sepertinya akan menjadi pengalaman asik yang sayang untuk dilewatkan. Baiklah berkuda ditepi pantai masuk dalam list yang akan dilakukan ketika bertandang kesini.


7. Cave Tubing Goa Pindul
Goa Pindul memiliki panjang sekitar 350 m, lebar 5 m, jarak permukaan air dengan atap Goa 4 , dan kedalaman air sekitar 5-12 m. Data berdasarkan dari situs www.goapindul.com. Bahkan didalam Goa Pindul terdapat stalagtit terbesar dengan peringkat ke-empat didunia, yang menyatu dengan stalagmit dengan lebar kira-kira lima rentangan tangan orang dewasa atau Sok Guru.


Photo by. http://goapindul.info

Perjalanan wisata di Yogyakarta memang beda. Walau terdengar ekstrim akan tetapi ada banyak guide profesional yang siap menjaga para turis menikmati keindahan Goa Pindul. Tidak usah khawatir bagi yang sedang solo travelling kesini, bisa ikut serta dengan rombongan lain atau gabung dengan travel. Karena meski berpergian sendiri gak ada salahnya untuk membaur dengan keramaian yang ada sekali menyelam minum air, siapa tau malah dapat kenalan gebetan baru. 

Di angan gw udah mulai berfantasi tentang tenangnya aliran air Goa Pindul. dalam melewati tiga zona yaitu zona terang, zona remang dan zona gelap. Yang ditempuh dalam kurun waktu sekitar 45 menit. Tapi malahan gw penasaran dengan sebuah lubang, yang merupakan sebagai jalan satu-satunya cahaya menyelinap masuk, warga sekitar menyebutnya Sumur Terbalik. Dan kerap digunakan sebagai jalan masuk vertikal oleh para anggota TIM SAR.


Photo by. http://goapindul.info

Oiya penting bagi para wanita, konon disini ada stalagtit yang menyerupai "Puting Susu" wanita yang masih aktif yang dipercaya bisa membuat siapa saja cantik dan awet muda. Untuk para lelaki ada stalagtit yang menyerupai "Penis" dimana mitos dari warga sekitar apabila dipegang, maka akan memiliki vitalitas yang bugar. Nah, benar tidaknya, bagaimana kalau langsung membuktikannya disana.


Goa Pindul

Desa Gelaran 1
Kel. Bejiharjo
Kec. Karangmojo
Gunung Kidul, Yogyakarta 55891


8. Malioboro
Merupakan salah satu kawasan jalan dari tiga jalan di Yogyakarta. Setelah melepas lelah dari menikmati dari segala aktifitas ekstream. Kali ini ingin bersantai ria dengan menikmati euphoria salah satu jalan yang terkenal dengan pusat perbelajaan oleh-olehnya.


Photo by. http://andrewtaylor.photoshelter.com/

Ada banyak penjaja yang menawarkan berbagai macam jenis pakaian, aksesoris maupun kuliner yang dihadirkan di Malioboro. Seakan semuanya ada disini. Gunakan jurus tawar menawar untuk mendapatkan segala jenis pakaian dengan harga miring. Yang suka belanja inilah saatnya untuk berburu oleh-oleh untuk para kerabat.

Selain itu, disekitar Malioboro pun terdapat objek bersejarah yang bisa kita sempatkan untuk mengabadikannya seperti Tugu Yogyakarta, Stasiun Tugu, Gedung Agung, Benteng Vredeburg, Monumen Serangan Oemoem 1 Maret dan Pasar Beringharjo. 


Ayo Belanja..!
Photo by. http://v-recipes.blogspot.com/
Tugu Yogyakarta di malam hari
Photo by. http://batasnusa.com



9. Taman Sari
Taman Sari Yogyakarta dahulunya merupakan tempat rekreasi Keluarga Kerjaan, selain itu juga sebagai Benteng Pertahanan. Yang membuat gw tertarik dari tempat peninggalan Keraton seperti ini adalah bangunannya yang masih terjaga keasliannya. Tapi, katanya ada beberapa bangunan di Taman Sari yang telah dibiarkan rusak dan hancur dikarenakan kurangnya perawatan dan mulai padatnya penghuni disekitarnya.

Meski begitu sebagai pecinta artistik sejarah, menurut gw tempat ini seperti mempunyai magis tersendiri bagi siapa saja yang mampir untuk mengunjunginya. Bahkan tidak sedikit pula yang menjadikan tempat ini untuk mengabadikan moment indah seperti Prewedding atau Photo session lainnya.



Photo by. http://anekatempatwisata.com


Photo by. http://v-recipes.blogspot.com/

Taman Sari Yogyakarta

Jl.Taman, Kraton
Yogyakarta 55133



Tidak lengkap rasanya berjalan-jalan tanpa harus mencicipi kuliner khas. Inilah beberapa kuliner khas Yogyakarta yang wajib untuk dicoba :

1. Gudeg Yu Djum
Belum dikatakan pernah mampir ke Yogyakarta kalau belum mencicipi kuliner khasnya, Gudeg.


Gudeg Yu Djum

Jl.Wilijan no.167
Yogyakarta
Telp. (0274) 7860204


2. Cokelat Monggo
Hasil olahan cokelat yang dibuat oleh seorang pria asal Belgia yang kini menetap di Yogyakarta, Selain rasanya yang khas dengan isian yang beragam. Cokelat monggo juga mempunyai rasa yang lebih pahit dari cokelat lainnya. 
Photo by. Pinterest Arif Mukti

Cokelat Monggo

Jl.Dalem KG III / 978
Rt.04. Rw.10
Kotagede, Yogyakarta
http://chocolatemonggo.com/


3. Nasi Kucing (Angkringan)
Menikmati nasi kucing di sebuah angkringan dengan semilir angin malam. Bernama nasi kucing karena ukurannya yang terbilang sedikit dan mirip dengan porsi kucing. Dengan pelengkap gorengan seperti sate usus, telur puyuh, ati ampela dll. tidak lupa sambal. Menikmati satu nasi kucing tidak akan penah cukup.

Memang sih sekarang angkringan semacam ini sudah banyak dijajakan di pinggir jalan kota Jakarta, tetapi akan lebih syahdu langsung menikmatinya di Yogyakarta, tempat pelopor terciptanya nasi kucing, bahkan harganya pun murah.



Photo by. http://kabardigital.com
Photo by. https://www.yogyes.com

4. Oseng-Oseng Mercon Bu Narti
Mercon disini melambangkan meledaknya sensasi pedas dari olahan kikil, gajih, kulit dan tulang muda yang di oseng-oseng. Itu sebabnya ketika berpadu dengan nasi putih, sekali makan walau dengan bercucuran keringat tetap terasa bikin nagih.


Photo by. https://www.yogyes.com

Oseng-Oseng Mercon Bu Narti

Jl.KH,Ahmad Dahlan
Gang Purwodiningrat
Yogyakarta
Telp. +62 819 1555 4472


5. Sate Klathak Pak Pong
Tiada bumbu rahasia dan special yang disajikan di Sate Klatak Pak Pong. Daging yang ditusuk dengan ruji besi lalu dilumuri dengan tiga bumbu dasar seperti kecap, garam dan sedikit ketumbar. Walaupun dengan bumbu sederhana namum sate ini memang terkenal di Yogya dan menjadi salah satu destinasi wajib untuk di icipi.



Sate Klathak Pak Pong

Jl. Imogiri
Bantul



6. Bakpia
Penganan yang satu ini emang gak boleh ketinggalan. Daging kacang hijaunya yang lembut dan kulitnya yang lembut serta crunchy menjadi daya tarik sendiri untuk menikmati sepotong bakpia. Di era sekarang bakpia kini gak melulu berisikan kacang hijau, ada banyak rasa yang ditawarkan. Strawberry, Durian, Cokelat dll.
Photo by. http://bakpiapathok25.com



7. Mangut Lele Mbah Marto
Dengan masih menjaga ke-tradisional dalam memasak dan menyajikan makanan. Kompor yang digunakan masih menggunakan batu bata dan bahan pembakaran dengan kayu dan serabut kelapa. Siapapun yang mencobanya pasti dibuat ketagihan.


Photo by. http://brilio.net

Mangut Lele Mbah Marto

Dusun Nengahan



Rasanya tidak sabar untuk segera berpetualang di Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari sekian banyak destinasi disebutkan diatas, masih banyak keindahan tersembunyi di Yogyakarta yang wajib untuk disambangi. Cukup dengan sekali klik transaksi di Airpaz, rencana impian solo travelling akan segera terlaksana. Rasanya tidak sabar sampai hari itu tiba.

Tunggu aku dan bawa aku kembali untuk menikmati keindahan-mu Indonesia-ku.

Label: , , , , ,