Soup Restaurant - The Authentic Restaurant of Chinese Food


Ragamnya kuliner di Jakarta emang gak ada matinya..

Sebenarnya ada banyak kuliner di Jakarta ini yang dipengaruhi oleh budaya dari China. Contohnya saja mie dan baso. Kedua jajanan tersebut yang sudah sangat familiar, juga merupakan salah satu masakan yang diadaptasi dari budaya China. Kemudian diolah kembali untuk menyesuaikan dengan citarasa lidah orang Indonesia

Lalu, bagaimana dengan sajian kuliner asli dari negeri Tirai Bambu yang ada di Indonesia?
Ada banyak tempat yang menyajikan sajian khas masakan china. Akan tetapi rasa sedikit rasanya yang masih menyajikan sajian masakan china secara otentik.



Ngomong-ngomong soal otentiknya sebuah restauran, kalau mampir ke mall. Terhampar banyak banget restoran dengan berbagai jenis dan spesifikasi kuliner. Mau Western, Chinese, Asian, Indonesian Food semuanya tumplek blek disini.

Nah, saking banyaknya pilihan kadang suka bingung juga sih.

Beneran otentik gak ya..
atau udah banyak rasa yang diadaptasi.


Tapi, menurut gw salah satu restoran Chinese Food yang authentic and feels like home, berada di Lantai 3 Plaza Indonesia. Namanya Soup Restaurant.




Rasa dari masakan Chinese Food-nya yang khas oleh racikan dari tangan seorang chef yang didatangkan langsung dari China ini emang beda. Bahkan dalam suatu hidangan menggunakan bahan yang juga di impor dari China.


Mengusung dengan Nama Soup Restaurant

Maka, restauran ini memang mempunyai beragam menu soup. Termasuk soup herbal-nya dengan berbagai manfaat dan khasiat bagi kesehatan. Jarang-jarang restoran Chinese Food yang menyediakan soup herbal, biasanya soup-soup standar seperti soup asparagus, ayam atau jagung.



Tidak hanya rasanya yang memang otentik akan tetapi ketika mulai memasuk Soup Restaurant. Tempat ini kental sekali dengan suasana yang serba China. Dominan dengan furniture serba kayu.

Salah satu area lainnya menampilkan suasana yang berbeda, diluar ruangan dengan pohon bunga sakura, berwarna pink lembut.

Suasananya hangat dan bikin betah. Jadi berasa di China hehehe...





Halal gak ya?..

Bagi yang suka was-was mengunjungi restoran Chinese Food, di Soup Restaurant sudah mendapatkan sertifikasi halal. Jadi, tenang aja makan disini Halal kok, bisa bebas melahap hidangan tanpa rasa was-was dan merasa bersalah.




Menu Pembuka, Kacang Rebus

Sebelum makanan lainnya datang, menu pembuka khas Soup Restaurant unik banget. Yaitu sebuah kacang tanah rebus dengan ukuran jumbo yang di impor langsung dari China, dimakan dengan sambal khusus. Rasanya enak.

Kacang rebusnya empuk, mirip dengan campuran kacang tanah dan kacang merah.




Tenderloin ala Mongolia, 98K
Menu yang satu ini favourite banget, gw rela kok abisin satu piring tanpa nasi hahahha...
Daging tenderloin yang dilapisi tepung kemudian digoreng lalu disiram dengan saus ala mongolia.

Meski dagingnya di goreng dul baru disiram saus, akan tetapi tidak mengurangi crunchy dari daging tersebut. Justru enak dan empuk banget.  Ditambah rasa sausnya yang pedas, asam dan manis.




Samsui Ginger Chicken, 196 (large)
Gak cuma tampilannya yang menggoda tapi rasanya juga menggoyang lidah. Ternyata ada teknik memakan si Ayam rebus tanpa tulang ini loh. Yaitu dengan mengambil selembar selada yang kemudian ayam diambil dan di cocol dengan saus jahe dan bawang putih. Kemudian ayam ditaruh dalam selada dan dilipat. Selanjutnya bisa langsung dimakan atau cocok kembali kedalam saus.




Saking pengen tau bedanya, akhirnya gw coba dengan memakan dan tanpa selada. Selada memang memberikan rasa dan tekstur berbeda dalam menikmati Ayam Jahe ala Samsui tersebut. Rasanya menjadi segar ada ada kriuknya.




Nasi Olive ala Teo Chew, 48K
Nasi yang digoreng emang menjadi salah satu sajian favourite gw. Bahkan dulu sempet ada yang bilang kalau nasi goreng dengan bumbu seadanya tanpa bahan lainnya, katanya malah gak ada gizi.

KZL gak dengernya. hahahha..
eits tunggu dulu. Itu semua gak berlaku buat nasi yang satu ini. Nasinya yang pulen dengan campuran buah Black Olive memberikan presentasi menakjubkan di bidang per-nasi-an.

Tapi, bedanya yang ini bukan digoreng melainkan di kukus. Nah, nasinya pulen banget. Bumbunya berasa gurih dan sedapnya. Asli deh sekali coba bikin ketagihan, apalagi dengan tampilannya yang kekinian banget, berwarna ke-hitam-an hehehe..



Tahu Claypot, 45K
Tahu gak?
Tahu juga punya banyak jenisnya, yang ini soft banget atau yang bisa kita sebut dengan nama silk tofu.

Tahu yang digoreng kemudian disiram dengan saus dengan rasa asin, gurih dan terasa black peppernya. enak banget.



Po Cai Saus Tiram, 55K
Sekilas ini emang mirip banget mie dengan sayuran.

Sempet terkecoh dengan penampilannya, yang ternyata adalah jamur enoki dengan sayuran po cai. Dimasak dengan bumbu pilihan campur seafood, kerang. Rasanya manis, gurih dan nikmat pastinya.



Sup Labu Hijau, 120K (large)
Sup pilihan hari ini adalah Sup Labu Hijau, potongan labu dan ayam memberikan kesan bahwa soup ini siap menghangatkan disegala kondisi.

Sekali teguk airnya yang hangat bakalan pengen terus-terusan. Labu dan ayamnya pun lembut. Cocok banget dinikmati di cuaca yang mendung, semendung yang lagi galau.



Tea Tarik, 25K

Fresh Orange Juice, 38K

Lime Juice, 25K              

Sebagai pelepas dahaga, ada beberapa minuman yang memberi kesegaran usai menyantap seluruh hidangan. Semuanya segar.

Tapi, minuman yang benar-benar khas di Soup Restaurant adalah Oolong Tea.
Gak afdol rasanya kalau kesini belum cobain tea yang satu ini. Rasanya hambar, dan agak sedikit light dari tea pada umumnya, namun walau hambar tidak meninggalkan rasa pahit di lidah.



Untuk yang masih bingung mau berkelana kemana pas weekend atau benar-benar ingin merasakan masakan ala rumah Chinese Food yang authentic. Soup Restaurant adalah jawabannya. ihiyy..





Soup Restaurant
Plaza Indonesia 3rd Florr 22,23 A, 24
Jl.MH. Thamrin No.28-30
Gondangdia, Menteng
Jakarta Pusat
Telp. 021-39838220

Facebook | Twitter | Instagram


Label: , , ,