Foodstagram 101 - Food Photo Class with Tropicana Slim, Food Panda & WeTheFoodies Season 2

Bagi pecinta photography tentunya di era sekarang sudah bukan hal aneh lagi untuk mengambil moment apa saja, terutama makanan. Sajian yang terhidang di depan mata memang sungguh menarik hati. Tapi, coba bayangkan jika gambar yang kita ambil hanya sebatas mengabadikan tanpa harus memberikan value yang lebih.

Untuk itulah para food hunter di Instagram memang sudah nge-heits dikalangan remaja saat ini. Bahkan tidak heran kalau hasil dari hobi tersebut-pun bisa menjadikannya profesi.

Berawal dari iseng mengikuti kuis di Fan Page Facebook Food Panda, akhirnya mendapatkan 2 tiket dan berkesempatan untuk ikut Food Photo Class with Tropicana Slim, Food Panda & WeTheFoodies Season 2. yeay..! Kapan lagi coba bisa curi ilmu secara gratis.

Foodstagram 101 Food Photo Class

Anak instagram pasti sudah kenal banget dengan sekumpulan anak muda kreatif yang menyukai mem-potret makanan, WeTheFoodies atau WTFoodies.

Kali ini @Edihartonoliem dan @Williamsudhana yang akan mengisi materi di Food Photo Class dengan tema Foodstagram 101 season 2.

Berlokasi di Liberica Coffee Cilandak Tow Square diikuti oleh sekitar 15 orang, Food Photo Class pagi itu sudah terisi penuh, banyak wajah asing yang belum saya ketahui. Tapi ada juga beberapa orang yang pernah bertemu di event lainnya.

Sebelum dimulai, ketika datang mulai registrasi dan langsung memilih menu lunch. Sembari menunggu cika, gw sih kebanyakan celingukan daripada photo sekitar. Ieh kenapa yaa.. kok hari itu rada malu-malu rasanya. hahahha.. kan biasanya malu-maluin. Mungkin karena gak ada dita.

Foodstagram 101 Food Photo Class

Sebelum materi Foodstagram 101 dimulai, ada Aldis yang merupakan Nutritionist dari Tropicana Slim. Yang akan membahas seputar kesehatan dan Mitos / Fakta yang terjadi diseputar masyarakat. Yang bisa disebut dengan Minkosepsi, yaitu Salah persepsi informasi dan mitos kesehatan di masyarakat. 

Salah satu contohnya seperti beberapa diet yang diyakini dapat menurunkan berat badan secara cepat, akan tetapi memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan. Seperti Sleeping Beauty Diet, yang sangat populer sekali di America dan cukup berbahaya. Karena cara kerjanya men-skip makan siang, makan malam dengan meminum obat tidur.

Gak bisa dibayangin deh, kok bisa-bisanya yaa malah minum obat tidur dibanding makan. Deuh.. kalau gw mah tengah malem laper juga udah gratak untuk cari mie instan. hehehe..


Mitos dan Fakta

- Diabetes merupakan penyakit bagi mereka yang gemuk. Mitos
Karena walau orang gemuk mempunyai persen yang lebih banyak dan tinggi tentunya mempunyai resiko lebih besar terkena diabetes. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan bagi orang yang bertubuh kurus akan terkena diabetes. Siapa tau ketika diperiksa, orang yang bertubuh kurus ternyata mempunyai tingkat lemak yang berdampak terkena diabetes.

- Gula Pasir merupakan sumber energi. Mitos
Akan tetapi ada benarnya juga, karena gula pasir merupakan sumber energi yang paling cepat diserap oleh tubuh. Akan tetapi apabila berlebihan bukan menjadi segar dan bisa berdampak terkena diabetes. Seperti yang kita ketahui mengkonsumsi gula secara tinggi sangat berhubungan dengan diabetes, serta beresiko penyakit jantung.

- Gula rendah kalori berbahaya. Mitos
Dalam approval POM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) di Indonesia, EFSA (European Food Safety Authority) di Eropa. Takaran untuk gula yang aman dikonsumsi dalam perhari yaitu : Gula rendah kalori sebanyak 71 sachet/hari dengan berat badan 60kg, atau gula pasir sebanyak 2sdm/hari. Jikalau dilihat dari takaran seharusnya gula rendah kalori yang paling bisa di-rem pemakaiannya, dibandingkan dengan gula pasir.

- Minum susu bikin gemuk. Mitos
Sebenarnya makanan apa saja yang mengandung kalori berlebih dapat mengakibatkan kegemukan. Susu secara alami memang mengandung banyak lemak. Akan tetapi daripada memikirkan mengenai dampak yang seperti itu, alangkah baiknya menikmati manfaatnya saja. Toh, di era sekarang sudah banyak susu rendah lemak yang bebas di konsumsi tanpa harus khawatir.

- Memakan banyak garam tidak apa, asalkan diimbangi dengan banyak minum air putih. Mitos
Garam sangat terkait dengan hipertensi. Walaupun memakan banyak garam dan juga meminum banyak air putih, belum tentu benar. Karena sifat garam yang menyerap air dalam tubuh. Bahkan anjuran yang diperbolehkan untuk mengkonsumsi garam adalan 1sdt/hari atau setara dengan 200mg netrium.

- Asalkan berolahraga maka, makan sebanyak-banyaknya tidak apa-apa. Mitos
Banyak hal ini yang terjadi disekitar kita, sebenarnya ini tidaklah seimbang. Karena biasanya lebih besar pasar daripada tiang. Sedikit berolahraga akan tetapi malah membuat kita semakin lebih banyak makan.

- 1/2 Jam sehari melakukan aktifitas olahraga berdampak bagi kesehatan. Fakta
Yuk, coba luangkan waktu 30 menit untuk melakukan aktifitas olahraga, tidak perlu ribet-ribet untuk ke-gym cukup dirumah saja melakukan beberapa gerakan yang dapat memacu jantung berdetak lebih cepat dari biasanya. atau sekitar 150 menit per-minggu. Yang akan membuat kita terhindar dari resiko penyakit desgeneratif.

- 1 cup mie instan sama dengan natrium 20sdt mayonase. Fakta
duh mendengar penjelasan ini malah jadi bikin gak nafsu loh sama mie instan. Pasalnya yang kebayang malah makan mayonase sebanyak 20sdt tersebut. 

- Mengganti kelebihan kalori minuman bubble milk tea dengan aktiftas. Fakta
aktifitas apa saja yang dapat menggantikan kalori minuman bubble milk tea, yaitu : 30 menit lari, 180 menit window shopping dan 52 menit renang. Akan tetapi jangan meminum milk tea ketika window shopping, yang ada malah percuma hehehe..

Duh, agak menarik sih penjelasan dari Aldis tersebut, tapi membuat gw makin gak sabar untuk ke-inti acaranya hehehe.. soalnya penasaran.


Yesterday, have a great time at Food Photo Class with @tropicanaslim @foodpanda_id and @wethefoodies - @edihartonoliem and @williamsudhana .. Thanks for sharing. Now i know the secret behind photos hehehe.. #tropicanaslim #libericacoffee #foodblogger #feedfeed #tsfoodphotoclass #foodphotoclass #vsco #vscofashionfood #wtfoodies #gulanyagulali #foodpanda #instafood #tabletotable #idfb
A photo posted by GulanyaGulali (@windapuss) on



Foodstagram 101 - Food Photo Class


Foodstagram 101, materi pertama akan disampaikan oleh William Sudhana.

1. Pengenalan mengenai ISO, Apperture dan Shutter Speed. 
Bagi pengguna kamera dslr tentunya nama-nama tersebut sudah tidak asing lagi, bahkan di handphone juga sudah bisa disetting ISO-nya loh.

2. Light it Up
Kenali dahulu sumber cahaya sebelum memulai photo. Agar gambar yang dihasilkan menjadi lebih hidup dan dramatis. Seperti arah cahaya dari depan, belakang dan samping. Tetapi disini william menjelaskan lebih menyukai arah cahaya dari samping karena bayangan yang dihasilkan membuat gambarnya lebih hidup, apalagi kalau di photo dengan flatlays atau BEV.

3. Background
Pilih background yang sesuai dengan objek yang akan kita photo, jangan sampai background yang kita gunakan terlalu rame, sehingga bintang photo tersebut tidak terlihat. Kalau yang tau instagram William pasti paham deh seleranya, yang menyukai background simple dengan warna yang adem dan tidak terlalu banyak corak.

4. Properti
Bukan hanya background akan tetapi properti juga sangat dibutuhkan. Terkelompok dalam 3 kategori yaitu Shape, Colour dan Size. Berkreasilah dengan properti yang ada.

5. Find Your Role Model
Nah, yang ini jangan ragu-ragu untuk meniru photo idola kalian. Karena banyak sekali inspirasi yang bisa dituangkan. Walaupun meniru tetap tidak akan 100% sama. Pastinya, karena tempat dan properti yang digunakan juga berbeda. Akan tetapi, bisa diganti yang sesuai atau bahkan hampir sama. dan Semakin banyak latihan maka lama kelamaan akan terbiasa dan bisa.

Btw, ini adalah salah satu photo yang mau dicontek kala itu.. dan hasilnya seperti dibawah ini..
Serupa tapi tak sama. hahaha..


Foodstagram 101 Food Photo Class



Untuk selanjutnya Foodstagram 101 di isi oleh Edi Hartono Liem, yang akan menjelaskan mengenai Edit Photo.

Ngomong-ngomong masalah edit photo, gw sendiri punya pengalaman yang rada nyebelin. Karena memang ada beberapa photo..hmm hampir semuanya deng. Photo yang gw posting pasti telah di-edit. Menurut gw sah-sah saja apabila mengedit photo makanan. Walau ada yang bilang tidak real akan tetapi di situ niatnya ingin menonjolkan agar makanan yang ditampilkan lebih menarik lagi.

Bagian yang ini pun gw suka, karena meski simple ternyata memang merupakan proses yang menyenangkan.

1. Menggunakan VSCO
Untuk lebih mendramatisir hasil photo yang kita buat, dan lebih seragam di instagram. lebih enak kalau tone yang kita pakai itu seragam. Kenapa? biar lebih enak aja dilihat. Nah, semakin banyak berlatih untuk edit photo. Disana kita juga akan menemukan tone yang sesuai selera kita atau "Gue Banget". 

Serta pengaturan lainnya seperti brightness, contrast atau saturation. 

2. Dengan Snapseed
Nah, setelah meng-edit dengan menggunakan vsco, untuk mendapatkan tone yang sesuai selera. Selanjutnya dengan menggunakan snapseed. Disini ada fitur selective adjust, yang dapat kita gunakan pada titik yang sesuai dengan selera untuk menambahkan atau mengurangi brightness, contrast dan saturation. 


Teori sudah, kalau gitu yuk praktek. Terkadang mendengarkan teori itu seakan mudah. Akan tetapi ketika praktek suka bingung sendiri. Itulah gw hahaha...

Sudah ada beberapa makanan yang terhidangkan dan siap diphoto, serta menunggu antrian teman lainnya yang sedang photo. Edi dan William tidak segan-segan untuk menanyakan kepada kami satu-persatu mengenai ide apa yang akan diambil ketika akan photo makanan tersebut.

Sumpah awalnya bingung, karena ketika asal menata makanan diatas meja malah ditanya. Mana photo yang akan ditiru. Eits.. padahal belom ada loh.



Akan tetapi ketika sudah mempunyai ide untuk memphoto disitulah gw baru ngeh. hehehe... ampun deh, menyenangkan banget.

Berikut hasil photo-photo gw bersama cika, sayangnya gw motret dengan menggunakan kamera iphone 4 dan sama sekali gak ngeluarin kamera loh. ahhahahha.. semuanya pakai kamera hp. tok.

Karena diminta untuk upload photo pada saat itu juga, sedangkan gw lupa bawa converter memorinya. hihihi..

Foodstagram 101  Food Photo Class


Kurang puas sih, karena photo yang dihasilkan noise banget dan kurang tajem. Kayaknya sih emang harus ganti Hp dan beli kamera baru sih. hahaha.. moduuss..

Foodstagram 101 - Food Photo Class with Tropicana Slim, Food Panda & WeTheFoodies Season 2, benar-benar seru banget. Thank untuk Food Panda atas kesempatannya. Dan katanya WeTheFoodies juga suka adain meetup loh. terus aja pantengin di instagramnya.


oiya, jangan lupa juga untuk follow instagram gw ya... 
plisss
@windapuss


Label: , , ,