FuntasTea Cooking with Peter Kuruvita

Beberapa waktu beruntung banget bisa ikut Funtastea Cooking bareng Peter Kuruvita dan Teh Dilmah Indonesia. Selalu ada kesan tersendiri setiap menghadiri event cooking session. Apalagi bareng dengan chef ternama yang diterbangkan langsung dari Sri Lanka.

Untuk yang suka nonton acara masak-memasak. Pasti hapal banget dengan pria yang satu ini, bukan hanya murah senyum tapi keahliannya menciptakan aneka masakan tidak diragukan lagi. Belum memulai masak aja selalu dibuat penasaran dengan sesuatu hal yang lahir dari tangannya.



Chef Peter Kuruvita

Merupakan brand ambasador dari Teh Dilmah Indonesia. Telah banyak menciptakan berbagai macam resep yang enak dan unik, Tea Gastronomy. Serta memiliki beberapa restaurant seperti di Australia dengan nama Flying-Fish Restaurant & Bar.

Tidak hanya itu saja, Chef Peter Kuruvita juga memiliki berbagai macam program televisi dan melahirkan beberapa buku masakan, salah satunya Serendip - My Sri lankan Kitchen.

Funtastea Cooking by Dilmah Tea Indonesia

Teh berkualitas premium yang ditemukan oleh Merril J.Fernando sejak tahun 1950. Nama Dilmah sendiri diambil dari nama kedua putranya yaitu Dilhan dan Malik. Kini sudah tersebar hingga ke 90 Negara termasuk Indonesia termasuk Indonesia.

Funtastea Cooking session with Chef Peter Kuruvita yang diadakan oleh PT. David Roy Indonesia selaku Distributor Resmi Teh Dilmah di Indonesia. Memberikan pengalaman dan pengetahuan lebih terhadap penanganan teh. Bahwa sebernanya tea bukan hanya diseduh lalu dinikmati saja, akan tetapi juga bisa diracik dengan bahan-bahan makanan lainnya.

Itu sebabnya saya semakin excited terhadap sajian yang langsung dibuat oleh Chef Peter Kuruvita, gak sabar mau mencicipinya. hihihi

Video selengkapnya mengenai keriuhan dalam acara kemarin, kamu bisa langsung melihatnya di channel youtube saya. Dibawah sudah aku masukkan juga loh..


Nah, Berikut Beberapa Makanan Yang di Buat dengan Dilmah Tea


Pop Corn and Dilmah Natural Ceylon Ginger Prawn

duh, namanya panjang banget yaaa... tapi sekali suapan emang bikin nagih..!
Percaya gak sih, Udang yang bukan hanya dipadu dengan jahe tapi juga dicampur dengan Dilmah Natural Ceylon Ginger.

Rasanya?
Unik dan Enak. Daging udangnya yang lembut berpadu dengan mayo dan beberapa rempah lainnya. Oiya rasa dari Dilmah Tea Ceylonnya berasa banget, malah semakin enak. Gak nyangka kalau bisa seenak ini memasak dengan campuran teh.

Pop corn and Dilmah Natural Ceylon Ginger Prawn is special dish by Chef Peter Kuruvita @maldivefish @dilmahteaindonesia . . . . #dilmahindonesia #dilmahIDwithpeterkuruvita #peterkuruvita #teainspired_id #teaandfoodpairing #dilmahtea #idfb #cookingwithtea #funtastea #davidroyindonesia
A photo posted by Windapuss (@gulanyagulali) on

Chicken Tostada with Dilmah Lapsang Souchong and Pepian Salsa

Sekilas dari penampilannya seperti chips nachos dengan taburan sayuran dan ayam diatasnya.
Eits, tunggu dulu..
Penampilannya memang cantik dan menggoda. Bahkan sedari di photo-photo aja udah gak sabar untuk segera menerkamnya.

Jadi, Lapsang Souchong merupakan teh hitam pertama di Cina. Walau begitu teh tersebut mempunyai segudang manfaat untuk segala penyembuhan penyakit. Meski awalnya agak terdengar asing, namun di negara barat Lapsang Souchong sangatlah terkenal.

Dengan ukuran bite size makanan yang satu ini wajib banget dicoba. Rasakan berbagai macam rasa yang menari di lidah, aroma serta rasa dari Teh-nya tetap dominan bahkan tidak bentrok sekali. Klop banget.


Chicken Tostada with Dilmah Lapsang Souchong and Pepian Salsa by Chef Peter Kuruvita @maldivefish with tea from @dilmahteaindonesia 😌😋😋 nyammm ... . . #dilmahindonesia #dilmahIDwithpeterkuruvita #peterkuruvita #teainspired_id #teaandfoodpairing #dilmahtea #idfb #cookingwithtea #funtastea #davidroyindonesia
A photo posted by Windapuss (@gulanyagulali) on

Sushi with Dilmah Green Tea

Jangan bayangin kalau sushinya akan pakai bubuk green tea yang akan ditabur diatasnya. Kekinian banget sih itu mah yaa...
Tapi setelah liat langsung proses pembuatannya yang dilakukan oleh Chef Peter Kuruvita. Sungguh gak nyangka, kalau Green Tea juga bisa memberikan warna pada makanan sejenis sushi.

Bahkan pencampurannya dilakukan bukan hanya kepada udang sebagai toppingnya, tapi juga dicampurkan ke-nasi sushinya. Potongan nori yang direndam bersamaan dengan air dari Dilmah Gree Tea, memang memberikan sensasi baru pada sushi.

Agak ragu awalnya ketika mau mencicipi, tapi liat penampilannya yang simple membuat saya semakin penasaran. And Voilaaaa... enak loh..!


Indonesian Oxtail Soup with Dilmah Lapsang Souchong Tea

Siapa sangka, sup daging yang biasa kita makan sehari-hari ternyata juga bisa dipadukan dengan Dilmah Lapsang Souchong Tea.

Aroma Tea yang dipakai berpadu dengan daging sapi begitu kuat dan menggoda. Terasa kuat seperti daging asap. Walau ketika mencicip kuahnya pertama kali agak aneh, tapi selanjutnya malah membuatnya berbeda dan tak terlupan. aiih..


Custard Marinated in Dilmah Lychee with Rose and Almong

Salah satu teh Dilmah Favourite gw, diminum aja udah bikin pikira relaks terbawa awang-awang, apalagi dibuat sebagai bahan custard untuk biskuit.

Manisnya cokelat dan lychee serta aroma rose memang terkesan dominan, agak mengental ketika hendak mulai dingin. Selain dengan biskuit sepertinya akan gw coba buat kembali dirumah untuk olesan roti dan cake.

hmmm nyaaaammmy...!

Selain memberikan cooking demo berbagai olahan dengan menggunakan teh, Chef Peter Kuruvita juga memberikan beberapa tips yang wajib disimak.



Beberapa Tip Memasak Dengan Teh oleh Chef Peter Kuruvita

- Biasanya agak sulit membawa rasa atau tekstur teh keluar dan sebuah masakan. Akan tetapi terkadang lebih cocok dikombinasikan dengan masakan pedas.

- Ingat untuk selalu menyeduh teh lebih lama dan kuat ketika memasak.



- Point yang paling utama ketika memasak dengan menggunakan teh adalah jangan terlalu banyak memasukkan bahan-bahan.

- Ada beberapa hidangan yang dibuat tidak dengan mempunyai teh didalamnya, akan tetapi yang secara khusus dibuat dan dipadukan dengan teh tertentu

- Cobalah untukmengganti bahan makanan dengan rasa teh yang sama, contohnya seperti mengganti cinnamon pada apple pie. Jadi, apple pie with cinnamon tea atau ginger tea dll.


Thank You Dilmah Tea Indonesia

Pengalaman dan ilmu adalah guru yang paling berharga, entah dimana saja kita bisa dapatkan. Sama halnya seperti event yang diadakan oleh Dilmah.

Tea and Food Pairing with Peter Kuruvita memberikan banyak pengetahuan seputar teh dan pengalaman untuk bertemu dengan orang-orang hebat dibidangnya, seperti Chef Peter Kuruvita.

Jadi, makin banyak inspirasi ketika menikmati Afternoon Tea Jakarta dengan Dilmah Tea. Tapi, juga bisa memasak dan praktekkan langsung olahan dengan tea dirumah nanti. hihihi.. siapa tau kan setelah ini malah bisa ikuti jejak Peter Kuruvita untuk bisa menghasilkan masakan yang enak dan unik.

Masih mau lihat photo-photo lainnya kalian bisa langsung follow instagram @gulanyagulali 
dan lihat keseruan video lainnya di youtube GulanyaGulali ^_^

Eat and Share ..