Hal-Hal Yang Harus diperhatikan Untuk Membuat Video Blogging

Video Blogging atau Vlog sepertinya semakin mulai banyak diminati oleh banyak orang. Bukan hanya saja menceritakan kegiatan sehari-hari yang "menarik" untuk disimak akan tetapi juga banyak konten video menarik lainnya seperti perjalanan atau travel, tips and trik beauty, tutorial atau yang paling aku sukai adalah video memasak.


cara Membuat Video Blogging

Ada banyak hal-hal yang harus diperhatikan untuk membuat video blogging, beruntungnya pada kesempatan kemarin bertempat di Modena Experience Centre dalam acara #bliblimeetupfriends kolaborasi antara blibli.com dengan kokiku tv mengulas banyak hal mengenai cara membuat video, video blogging ataupun vlog. Khususnya kali ini tentang video cooking.

All about food selalu menjadi minat terbesarku, rasanya seperti mempunyai daya tarik sendiri. Suatu tantangan bagi aku untuk bagaimana cara mempresentasikan sebuah makanan dalam bentuk digital pada pengalamanku menikmati makanan tersebut untuk dibagikan kepada orang lain. Tujuannya sih agar mereka juga ikut serta merasakan atau bahkan tertarik untuk ikut mencobanya.

Syukur-syukur sih bisa viral hehehe..


Cara Membuat Video Blogging 1

 Pengalaman Membuat Video


Sejak jaman kuliah ketika hendak touring aku dan teman-teman lainnya suka mengambil kesempatan untuk ambil video ataupun gambar yang kemudian biasanya aku yang editing dan upload.

Seiring waktu barulah mulai tertarik untuk mengabadikan sebuah makanan lewat video. Sebenarnya sudah lama sekali ingin membuat hanya saja selalu menunda-nunda dengan seribu alasan. Hehehe.. 

Alasan pertama yang bikin mager bikin sih karena gw pikir membuat video cooking itu harus ada yang masak dan yang ambil video jadi kalau dilakukan sendiri rasanya kurang puas. Karena angle yang didapat hanya dari sudut itu-itu saja. Agak ribet gak sih kalau harus geser-geser tripod.

Bisa sih, cuma ribet..


Cara Membuat Video Blogging 2
Pas proses editing bagian akhir pada roti mengareett dengan mozarella dan marsmallo, hanya setengah scene ketangkap oleh kamera. aku sedih.

Tuh kan, belum apa-apa udah ngerasa ribet dan nyerah, yang pada kenyataannya itu sih memang gak niat aja. Iya kan. hahahaha...

Niat sih, cuma males. alesan kan.

Tapi, makin kesini sedang enjoy dengan membuat video food review meski ya..masih banyak yang kurang dan terus belajar. Ada banyak video yang terlalu banyak goyang sehingga kalau ditonton juga bikin kepala mendadak bergoyang juga alias pusing atau blur (kurang fokus) hehehe..


Baca Juga : Street Food Bandung, Surganya Kuliner

Video-video cooking pendek dari banyak sumber seperti kokiku tv contohnya, yang dapat mengembalikan semangat membuat video cooking lama tertunda kini muncul lagi untuk segera direalisasikan. 

Simple aja sih, kali ini mau membuat sandwich cheese and marsmallow yang dimana ingin sekali mendapatkan efek ngaretnya agar lebih greget kalau di layar. Gak cuma itu sih, biar bikin ngiler juga. hehehe.

Kali ini tanpa bantuan orang lain dan hanya berbekal tripod serta kamera yang mengarahkan hehehe..
Alhasil ketika mau edit ada beberapa bagian yang terpotong sehingga tidak terlihat objek yang ingin ditangkap serta blur.

resep semur daging


Workshop Video Blogging Kokiku Tv dan Blibli.com


Meski sempat patah semangat lagi alias males-malesan untuk membuat video. Sampai pada akhirnya menghadiri event #bliblimeetupfriends bersama blibli.com dan kokiku tv dimana mengupas habis mengenai cara membuat video blogging.

Sebelumnya Chef Lucky akan mendemokan masakan semur daging sekaligus dipraktekan secara langsung oleh team kokiku tv bagaimana cara merekam atau angle yang seperti apa yang harus dilakukan untuk proses pembuatan video cooking.


Cara Membuat Video Blogging 3


Usahakan untuk mengambil gambar video kurang lebih 5 detik.

Setelah selesai kita juga diberi kesempatan untuk mempraktekan pembuatan video cooking seperti yang telah dicontohkan. Yaitu membuat semur daging. Kali ini aku, dita dan mba memez menjadi satu kelompok.

Aku dan dita yang rekam sedangkan mba mamez yang masak. Hihihi
Mau tau gimana hasilnya ini dia.





Jadi, bikin semangat lagi untuk mulai membuat video. Mau tau caranya membuat video blogging, Bisa untuk Video Cooking, Travelling, Beauty apa aja deh pokoknyaa..
Yuk disimak hal-hal yang harus diperhatikan untuk membuat video blogging dibawah ini.


Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Untuk Membuat Video Blogging


1. Rekomendasi alat perekam video
ada 3 alat yang bisa digunakan untuk merekam video seperti Smartphone, Digicam dan DSLR Camera. Tapi belakangan camera action juga bisa digunakan untuk perekam video yang biasanya lebih banyak dipakai untuk kegiatan travel video atau vlog.
Smartphone sangat bisa, hanya saja untuk kualitas video agak kurang tajam dan jernih apalagi kalau dalam ruangan. 

2. Other Tools
Nah, seperti pengalamanku dalam membuat video namun sendiri tanpa ada yang bisa membantu. Ada beberapa alat yang bisa digunakan sebagai bantuan agar pembuatan video dapat berjalan dengan lancar, seperti Lazypad, Tripod dan Tongsis.

3. Lighting
Untuk pengambilan gambar di dalam ruangan pada malam hari dengan cahaya minim, ada baiknya memakai lampu tambahan agar kualitas gambar terlihat jelas. Jika tidak, mungkin sebaiknya pengambilan video dilakukan disaat waktu pagi hingg sore hari.

4. Storage Yang Cukup
Semua alat tersedia cek dulu storage ponsel agar cukup untuk melakukan pengambilan gambar dan edit. Serta untuk pengambilan menggunakan kamera ada baiknya untuk mengecek memori yang akan digunakan cukup tersedia serta hardisk & USB untuk penyimpanan video juga memadai.

5. Membuat Konten Video
Khususnya untuk video cooking, membuat video pada satu bahan bisa menghasilkan 4 konten video. Contohnya Ayam, konten video yang bisa dihasilkan antara lain Tips mengolah ayam, Tips membuat kaldu ayam, Sate maranggi dan sate ayam.

Seperti sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui.

Setelah konten video dan konsepnya sudah ada maka selanjutnya mulai shooting

6. Rekomendasi Editing Software
Video yang direkam sudah selesai langkah selanjutnya sudah pasti editing. Ada banyak software editing video yang bisa dipakai seperti iMovie, Splice (iOS), KineMaster (Android), Final Cut (Mac), Adobe Premiere (Windows & Mac), Windows Movie Maker, Wondershare Filmora dan masih banyak lagi. 

7. Upload Thumbnail Video Biar Makin Menarik Untuk di Klik.!
Nah, editing udah beres selanjutnya upload di channel youtube kalian. Biasanya setelah selesai upload thumbnail yang tersedia berasal dari scene pada video, dan kurang menunjukkan isi video tersebut.  

Agar menarik buat thumbnail video sendiri di software edit photo, beri judul dan tampilkan gambar dari isi video tersebut. hmm...

8. Ikuti Trends Yang Lagi Hits
Ini salah satu tips yang bisa digunakan untuk membuat video yang kita buat menjadi boom. hehehe.. Seperti saat ini yang sedang trend dan hits biasanya kue cubit dengan aneka rasa, mie goreng dengan aneka tambahan dan olahan, green tea, red velvet, oreo, ovomaltine, street food dll.

9. Gunakan Tagging, Deskripsi, & Judul Video Yang Tepat
Tagging, deskripsi dan judul video haruslah tepat sesuai dengan isi konten video, jangan sampai berbeda dan menyimpang karena nanti gak akan nyambung juga hehehe..


Cara Membuat Video Blogging 4


10. Buat Playlist Sesuai Tema
Ada banyak konten video yang dibuat, khususnya video cooking seperti video berbahan dasar ayam bisa di masukkan pada playlist Ayam. atau video khusus mengulas minuman, dessert, cake dsbg.


Cara Membuat Video Blogging 5


11. Yang Penting Untuk Seorang Creator
- Selain kualitas video, kuantitas juga sangat penting. 
- Ukuran dari kualitas video harus terud diperbaiki agar penonton juga semakin semangat untuk kembali ke channel youtube kita. 
- Konsisten, yaitu membuat jadwal tayang mingguan dapat memacu penonton untuk makin rajin menonton video kamu.
- Apa dampaknya jika terlalu jarang posting video, penonton akan melupakan channel youtube kita.

12. Kolaborasi..!
Agar youtube channel kita lebih beragam dan mendapatkan lebih banyak viewers dan juga subscriber, coba untuk kolaborasi dengan youtuber lainnya. Bisa menjadi keragaman dalam konten video yang kita buat juga kan..

13. Interaksi dengan Penonton
- Udah upload jangan lupakan interaksi penonton yang coment di video kita.
- Dan dalam video yang kita buat khususnya video cooking ada banyak style yang bisa dilakukan seperti hanya memperlihatkan pergerakan tangan dalam membuat tanpa harus memperlihatkan wajah dan mulai berbicara menyembutkan bahan atau step-step pembuatan ataupun tidak dilakukan dengan informasi dengan tulisan ketika editing. Akan tetapi agar penonton lebih dekat dengan kita, sebaiknya juga lakukan interaksi seperti bertanya resep video yang penonton inginkan yang mau dibuat creator untuk video selanjutnya.

14.  Memonetisasi Youtube Channel
- Cobalah untuk memproduksi video yang berkualitas dari segi konten dan juga kualitas video itu sendiri.
- Channel youtube yang aktif dapat menciptakan viewership, untuk itu konsisten jadwal upload dan interaksi sangat diperlukan.
- Brand deals. Mungkin belum dapat project bersama brand, tapi siapa tau dengan konsisten yang kita buat atau brand-brand yang kita sisipkan dalam video bisa membuat brand untuk kerjasama.


Untuk yang tertarik membuat video cooking seperti yang ada di channel kokiku tv tapi ngerasa berat dan ribet banget dengan hal-hal yang harus diperhatikan untuk membuat video blogging yang aku sebutkan diatas. 

Aku sendiri langsung berbenah youtube channel yang aku punya agar lebih enak di lihat juga. kayaknya mulai sekarang juga mau konsisten nge-jadwalin upload video nih, semoga bener ya. hihihi..

yuk ah yang belum subscribe
subscribe donk :)))


Cara Membuat Video Blogging 6


Bagi kamu yang bingung coba deh untuk ikut gabung di Kokiku Network, ada banyak benefit yang bisa kamu dapat disana agar konten video yang kamu buat juga lebih baik dan termonetisasi. 


Apasih Kokiku.Tv 

Kokiku Tv adalah cooking channel yang menyediakan berbagai resep dan video online dari berbagai negara, tidak hanya di Indonesia. Video memasaknya bikin kamu pengen langsung terus ke dapur dan membuatnya. 

Gak percaya coba deh liat youtube channel kokiku tv, tapi gak tanggung ya kalau sampai ngiler soalnya masih jam puasa nih guys. hehehe.. eh tapi bisa loh jadi memunculkan ide kamu untuk menu buka puasa dirumah. hmmm...

Udah nonton terus tertarik juga untuk membagikan resep andalan nenek kamu dalam bentuk video. Tapi bingung apa yang harus dilakukan lagi, meski sudah baca hal-hal yang harus diperhatikan untuk membuat video blogging yang aku sebutkan hehehe..

Yaudah gabung aja di Kokiku Tv, ada banyak benefit yang bisa didapatkan loh.


Cara Membuat Video Blogging 7


 Benefit Yang di Dapat Join Kokiku Network


1.  Fasilitas Produksi
- Mendapatkan akses di studio koku di Jakarta, lengkap dengan perlengkapan masak dan property  untuk keperluan produksi, termasuk kamera dan software editing.
- Berkesempatan untuk dibuatkan channel trailer yang nantinya akan muncul di homepage youtube channel.
- Mendapatkan akses copyright free music


Cara  Membuat Video Blogging 8
Place : Modena Experience Centre

2. Channel Management
- Mendapatkan akses kepada network manager yang akan membantu untuk memberikan saran dalam pengembangan youtube channel.
- Bantuan untuk pembuatan channel art.
- Bantuan mengatur playlist, agar youtube channel lebih rapi, supaya memudahkan penonton untuk menonton video-video yang lain.

3. Optimalisasi Channel
- Mendapatkan akses tools untuk analytic data dan research yang cukup dalam sekaligus tools untuk SEO youtube dan juga google.
- Optimalisasi tagging da judul video agar mudah ditemukan penonton.
- Sharing dan memberikan saran seputar trend video yang sedang ada saat ini

4. Promosi Channel
Akan dapat promo di social platform jika memposting dan mention kokiku tv dengan hastag #kokikunetwork

5. Bantuan Penjualan
Karena CPM di Asia tergolong rendah, kokiku tv akan membantu menjadi tim sales untuk youtube channe kamu untuk dicarikan klien secara langsung.

6. Kolaborasi dengan youtuber lain
Sama seperti hal-hal yang harus diperhatikan untuk membuat video blogging tapi bingung harus kolaborasi dengan siapa dan bagaimana. Kolaborasi penting untuk cross promo, dan kokiku akan membantu menghubungkan dengan youtuber yang ingin diajak untuk kolaborasi.

7. Program Edukasi
Mendapatkan akses untuk datang di acara workshop kokiku yang berhubungan dengan food dan video atau mendapatkan materinya.

8  Aktivitas Komunitas
Berkesempatan untuk diundang di acara-acara yang diselenggarakan kokiku seperti #kokikutalk, #kokikupiknik, #kokikuhangout dll.

Gimana, asik banget kan..
Aku juga jadi makin tertarik deh untuk gabung di Kokiku Network agar kualitas dan konten video yang aku buat juga semakin bagus.

Setelah memperhatikan hal-hal yang harus diperhatikan untuk membuat video blogging kemudian melihat secara langsung atau workshop video blogging kokiku dan blibli.com.

Semangat yang dulu menghilang kini telah kembali. tsaaaaahh..!

Label: , , , , , ,