Jelajah Kuliner Medan di Kedai Kampong Medan, Jakarta Barat

Biasanya kuliner yang biasa saya icip berasal dari daerah jawa. Karena begitu banyak dan terhampar luas diberbagai tempat. Lalu kuliner dari Aceh, Manado serta Makassar. Eits jangan nanya nama-namanya ya, pokoknya yang umum dari kuliner daerah tersebut.

Tidak jauh dari kantor saya, anggap saja tidak jauh yaa.. karena setiap pulang dan pergi selalu melewatinya. Kuliner dari sebuah nama daerah yang dahulu disebut dengan nama Tanah Deli ini memang cenderung jarang saya temui.

Kalaupun ada di sekitar Jakarta Barat, rasanya belum saya jumpai.


Kedai Kampong Medan, Kebon Jeruk menawarkan aneka kuliner khas medan yang otentik. Tampil dengan design minimalis tanpa banyak hiasan di dinding mengawali pembukaannya Kedai Kampong Medan yang digawangi oleh tiga pria tampan yaitu Alvin, Sigit dan Yuanda.

Berawal dari teman nongkrong dan memutuskan untuk fokus pada bisnis kuliner membuat ketiga pria tersebut rela untuk melepaskan pekerjaannya yang sudah mapan demi memperkenalkan kuliner Medan.

Kedai Kampong Medan
Jalan Lapangan Bola no.30

Kebon Jeruk
Jakarta Barat 11530





Jelajah Kuliner Medan di Kedai Kampong Medan


Karena ini yang pertama kalinya saya mencicipi kuliner medan maka, sungguh excited ingin merasakan rempah rempah masakan tersebut. Bersama dengan teman-teman yang lain kami mulai memesan menu yang ada disana, dan hampir semuanya kami icip.

Baca Juga : Kuliner Legendaris Bandung, Wajib Coba..!

Sesuai pada list menu yang disediakan, memang tidak semua menu sudah ready saat itu. Maklum Kedai Kampong Medan baru saja buka. Akan tetapi, sekarang semua menu di Kedai Kampong Medan sudah banyak tersedia dan bahkan lebih bervariatif.

Gulai Kepala Kakap, 55K
Saya orang yang jarang sekali mencicipi Gulai Kepala Kakap. Setiap dirumah membeli Gulai Kepala Kakap dari Rumah Makan Padang, palingan saya hanya bisa menikmati aromanya saja. Entah mengapa saya langsung mengklai bahwa saya tidak suka.

Ternyata setelah mencicipi Gulai Kepala Kakap di Kedai Kampong Medan merasa langsung jatuh cinta, gurih dan gulainya kental hingga meresap kedalam kepala kakap. Soal membedah ikan saya bukan jagonya, jadi hanya mengambil kuahnya dan sebagian daging lalu mba ning yang membedahnya hingga habis.




Kari Kambing, 25k
Saya gak suka kambing, tapi kalau dicicipi dari kuahnya memang gurih dan takarannya pas banget.





Lontong Medan, start from 18k
Seperti lontong sayur kebanyakan, lonton medan tidak jauhlah berbeda. Irisan lontong yang di siram dengan kuah gulai dan sayur-sayuran berupa kacang panjang, nangka dan tempe. Dan bisa ditambah dengan telur, rendang daging atau rendang ayam sesuai selera. Jika ingin dimakan polos saja hanya dengan sayur juga tidak mengurangi kelezatannya.





Mie Keling, 20k
Awalnya menurut saya mie keling adalah mie berwarna hitam. Secara dari runtutan bahasa keling yang berarti Hitam hehehe.. Ternyata dugaan saya salah, Mie Keling adalah Mie telor dengan kuah pekat dan kental lalu dilengkapi dengan telur, timun dan tomat. Untuk rasa dan tekstur saya suka sekali, gurih, manis dan mie agak sedikit nyemek karena kuahnya yang kental. Bagi yang menyukai pedas, tenang saja ada sambalnya kok.

Baca Juga : Hidangan Kuliner Aceh di Mie Aceh Nyak Lin



Nasi Gurih, start from 18k
Kalau dari betawi menyebutnya dengan nama nasi uduk, sedangkan dari Kuala Lumpur menyebutnya nasi lemak. Nah, kalau medan beda lagi nih, dinamai Nasi Gurih. Soal rasa tidak ada jauh bedanya dari nasi uduk ataupun nasi lemak. Dan bisa dinikmati dengan lauk pendamping seperti telur balado, rendang ayam atau rendang daging.





Aneka Minuman Dingin


Teh Tarik

Es timun Serut

Cemilan Pendamping

Bakwan Udang

Pisang Goreng yang dimakan dengan cabai

Bagi yang kangen kampung halaman serta ingin juga merasakan kuliner khas medan, yukk jelajah Kuliner Medan di Kedai Kampong Medan, Jakarta Barat.

Tempatnya luas, enak dan parkirannya juga luas kok. Ajak makan sekeluarga serta makan siang bersama rekan kerja disini, asik juga.

Selamat Kuliner-an :)

Label: , , , , , , ,