Japan Food Festival 2016 di Kota Kasablanka

Japan External Trade Organization (JETRO) mengadakan program test kitchen untuk pertama kalinya di Indonesia. Menghadirkan beberapa perusahaan industri jasa makanan dari Jepang yang belum pernah ekspansi ke Indonesia.

Japan Food Festival 2016 di Kota Kasablanka. Merupaka salah satu festival yang baru pertama kali di adakan untuk memperkenalkan dan memenuhi ketertarikan masyarakat Indonesia pada masakan Jepang. Seperti Sushi, Ramen, Kue Khas Jepang dan juga Champon (Mie Campur Jepang).

Japan Food Festival 2016 di Kota Kasablanka

Seperti yang kita tahu, khususnya di Jakarta masakan Jepang sudah tidak asing lagi. Begitu banyak aneka sajian makanan Jepang yang di Jajakan di berbagai tempat di Jakarta. Setelah satu bahwa akan ada 5 perusahaan Industri jasa makanan yang terkenal di Jepang, namun belum ekspansi ke Indonesia. Tentunya membuat para pecinta kuliner negeri sakura tersebut bersorak gembira. Termasuk saya.



Dilatarbelakangi oleh perubahan kebijakan pemerintah pada bulan Mei tahun ini, mengenai perubahan daftar negatif investasi, dimana penanaman modal sebanyak 100% oleh perusahaan asing telah diizinkan dengan syarat tertentu.

Hal ini menjadi meningkatnya minat perusahaan industri jasa makanan Jepang untuk masuk ke pasar Indonesia. Program food testing yang diadakan kali ini ditujukan kepada para perusahaan partisipan untuk memperoleh informasi mengenai iklim bisnis di Indonesia.

Jetro ingin mengenalkan lebih lanjut aneka makanan Jepang dengan rasa Otentik, namun juga pas dengan selera lidah orang Indonesia. Perusahaan Jepang juga perlu mengetahui bagaimana cara mendapatkan pasokan bahan makanan dan peralatan masak, harga bahan makanan dan perlatan masak, hingga merekrut staf lokal serta untuk memperoleh preferensi dari konsumen Indonesia.

Japan Food Festival 2016 di Kota Kasablanka

Japan Food Festival 2016 di Kota Kasablanka, tepatnya berada di area Food Society. Berlangsung selama 2 (dua) mingggu, mulai dari tanggal 31 Oktober 2016 hingga 13 November 2016.

Jetro yang juga bekerjasama dengan Eat&Eat mempersembahkan Japan Food Festival yang akan diramaikan oleh 5 perusahaan industri jasa makanan yang terkenal di Jepang, diantaranya :

1. Menya Takeichi (Take You Co., Ltd)
Menya Takeichi berdiri di Tokyo. Minato-ku, Shinbashi pada bulan July 2012 adalah pengrajin ramen yang berkolaborasi dengan pemilik toko Yakitori membuat "Rich Chicken Soup Restaurant" mendapat sambutan baik dari masyarakat setempat.

Kuah kental yang gurih dari rebusan daging ayam segar yang dimasak berjam-jam, menciptakan citarasa kuah yang kental, sehat, kaya akan kolagen dan juga nikmat sekali. Jika kita mencicipi Ramen Jepang, bagi masyarakat Indonesia yang dimana mayoritas muslim seringlah takut untuk menikmati semangkuk ramen.

Ramen Takeichi tidak menggunakan babi sedikitpun dan alkohol. Dan agar membuat konsumennya di Indonesia aman, Menya Takeichi juga berusaha untuk dapat mengurus surat halal resmi dari MUI.

chicken ramen takeichi


2. Enokiya (Morinaga Gyunyu Haikyu Co.,LTd)
Enokiya menyajikan aneka sajian makanan manis khas Jepang. Citarasa yang berbeda dengan beberapa kali trial and error dilakukan oleh Enokiya untuk menemukan citarasa yang sesuai. Terutama pada pasta kacang yang menggunakan pasta gandum yang bertekstur, sehingga tidak terlalu menonjol rasa selai kacangnya serta tanpa pemakaian bahan pengawet.

Enokiya sweet dango

Enokiya memiliki 3 varian yang disajikan yaitu Sweet Dango, Daifuku dan Crispy Bean Cake.
Sweet Dango, sekilas terlihat mirip seperti cilok yang belum di rebus. hehehe.. Dengan warna putih susu dan memiliki rasa plain serta bertekstur kenyal namun tidak begitu lengket ketika dikunyah. Dipresentasikan dengan cara ditusuk layaknya sebuah sate. Satu tusukan berisikan sekitar 3-5 sweet dango lalu disiram dengan sauce manis. Seperti rasa gula atau madu.

sweet dango

sweet dango

Selain disajikan dengan sweet sauce, Dango juga bisa dinikmati dengan beberapa topping seperti taburan bubuk kacang kedelai dan taburan biskuit hitam (oreo). Apapun toppingnya semuanya saya suka.

sweet dango


3. Fujisan Taiyaki (Yataro Co., Ltd)
Taiyaki, siapa sih yang tidak mengenal kue khas Jepang satu ini. Berbentuk ikan dan mempunyai rasa yang bermacam-macam pada isiannya. Fujisan Taiyaki dari Asagiri Foodpark. Fujisan Taiyaki di Indonesia memiliki 3 rasa yaitu kacang merah, keju dan green tea.

fujisan taiyaki

Pengolahan taiyaki dengan bahan-bahan bermutu dan tidak menggunakan pengawet menjadikan Taiyaki memiliki tekstur serta rasa yang disukai oleh siapa saja. Kombinasi rasa manis yang terdapat pada kacang merah, rasa asin dari keju dan sedikit pahit dari greentea atau matcha. Taiyaki memiliki tekstur serta rasa yang disukai oleh siapa saja. Kenyal dan lembut.

Jika masih ingin menikmati Fujisan Taiyaki, bisa langsung mendatangi outlet mereka di Stasiun Gambir, Jakarta.
Fujisan Taiyaki


4. Sushi Kaz (Riverside Inc)
Sushi Kaz sudah berdiri selama 25 tahun sejak tahun 1991, bertujuan untuk menciptakanmasa depan Jepang yang sudah lebih dari 30 tahun pengrajin Jepang menyajikan hidangan sebagai koki. Sushi Kaz menyediakan makanan dengan berbagai genre dan sudah memiliki 4 toko di pusat Tokyo. Beberapa diantaranya adalah sashimi, sushi, grilled fish dan tempura. Daging serta rasa dan juga tekstur pada sushi maupun sashimi di Sushi Kaz memiliki citarasa yang berbeda dan juga fresh.

sushi kaz

sushi kaz

5. Ringer Hut (Ringer Hut Co., Ltd) 
Ringer Hut yang didirikan pada tahun 1962 yang hingga saat ini sudah memiliki sekitar 640 toko yang tersebar di Jepang. serta 11 cabang yang berada di Luar Negeri, salah satunya Indonesia. Salah satu menu andalan dan juga favourite yang berada di Ringer Hut adalah Nagasaki Champon.

Nagasaki Champong adalah mi campur Jepang asli yang berisikan berbagai macam sayuran, mie, dan juga seafood. Kuah kaldunya yang kental namun terasa light, rasanya gurih sekali. Lebih nikmat lagi jika dimakan dengan menambahkan sambal kedalamnya.

nagasaki champong

Eat&Eat
Selain dari ke-lima perusahaan industri makanan Jepang yang ikut memeriahkan Japan Food Festival 2016 di Kota Kasablanka, Eat&Eat juga turut serta meramaikan dengan menjajakan berbagai macam makanan khas Indonesia yang juga terletak di area Food Society, Kota Kasablanka.

Baca Juga : Saluran TV Jepang Sekarang Ada di Indonesia

Buat yang sudah merasakan berbagai macam makanan yang terkenal di Jepang pada Japan Food Festival 2016 di Kota Kasablanka ataupun yang belum juga menikmatinya. Jangan sedih, semoga ke-lima perusahaan makanan Jepang tersebut dapat melebarkan sayapnya di Indonesia, agar para penggemar makanan Jepang juga dapat ikut merasakan sensasi kuliner khas Jepang yang otentik.



Label: , , , , , , , , , , ,