Beragam Cara Menikmati Frisian Flag Susu Kental Manis

Ingatan melekat pada memori masa kecil ketika kali mendengar Frisian Flag Susu Kental Manis. Saya ingat betul susu bendera rasa cokelat adalah susu yang tidak pernah absen kehadirannya dirumah. Susu Kental Manis tersebut sudah lama menjadi idola.

Undangan Kunjungan ke Pabrik Frisian Flag Susu Kental Manis datang dari kakak blogger favourite saya, mba rien. tentu saja hal tersebut tidak akan saya lewatkan walau harus mengajukan sisa cuti yang tinggal sedikit. Yesss..... kapan lagi coba mendapatkan kesempatan emas ini. se-emas Frisian Flag Gold Susu Kental Manis.


Sebuah truk besar keluar ketika saya, mba Ning dan Mba Eliza sampai di Pabrik Frisian Flag Indonesia, yang berada di daerah Cibubur. Kunjungan kali ini mengingatkan saya pada beberapa tahun silam ketika hendak magang pada sebuah pabrik automotive di daerah Pulo Gadung. Melihat para karyawan yang wara-wiri menggunakan stelan wearpack, hingga beberapa prosedur sebelum memasuki pabrik. Hanya saja bedanya, disini aroma manis mulai memanggil ketika hendak memasukinya.

Semakin excited untuk segera bisa langsung melihat proses produksi Frisian Flag Susu Kental Manis yang telah berperan memenuhi gizi harian keluarga di Indoneisa selama hampir 95 tahun. Dalam perjalanan menuju tempat pertemuan Blogger Gathering. di Lantai 1 ada sudut yang menarik perhatian saya. Sebuah dispenser yang dikelilingi berbagai macam tulisan seputar pengetahuan serta manfaat susu. Sebuah dispenser yang berisikan susu, bukan air putih. #brb ambil gelas 😋



Banyaknya Varian Susu Frisian Flag

Produk susu Frisian Flag dan Susu Kental Manis pertama kali diekspor oleh koperasi peternak susu Belanda 'Cooperatieve Condensfabriek Friesland ke Hindia Belanda termasuk Batavia pada tahun 1922. Dengan kelezatan rasanya membuat produk susu kental manis diterima hangat oleh masyarakat Indonesia, yang pada saat itu disebut dengan nama "soesoe tjap bendera". Identitas dan nama tersebut begitu melekat dan menjadi salah satu ikon yang dikenal pada keseharian masyarakat hingga kini akrab disapa dengan sebutan "susu bendera".

Mengapa susu kental manis bendera?

Selain rasanya yang enak dan pas untuk selera, anjuran 2 gelas susu yang dinikmati setiap harinya dapat memenuhi kebutuhan gizi yang diperlukan. Diantaranya mengandung gizi makro (Karbohidrat, Protein dan Lemak) dan mikro (9 Vitamin dan 5 mineral).


Frisian Flag Susu Kental Manis memiliki 3 varian yang bisa dinikmati sebagai minuman susu hangat atau dingin yakni Frisian Flag Kental Manis Gold, Frisian Flag Kental Manis Putih dan Frisian Flag Kental Manis Cokelat. Tersedia dalam kemasan kaleng, sachet dan juga value pack agar lebih mudah dibuka.

Dalam satu kaleng Frisian Flag Susu Kental Manis dapat dibuat menjadi 9 gelas minuman susu bergizi. Kini Frisian Flag telah merilis kemasan Klik, Tarik dan Tuang pada kemasan Susu Kental Manis kaleng. Mengetahui hal tersebut sungguh membuat hati senang riang gembira, soalnya gak ada lagi kejadian buka kaleng dengan mematukkan pisang menggunakan ulekan atau mencari-cari pembuka kaleng. Pokoknya ribet tapi sabar. Sesabar menanti jodoh.

Selain susu kental manisnya yang legendaris dan tetap eksis hingga sekarang. Ada susu sterilisasi dengan rasa air kelapa muda keluaran Frisian Flag yang bernama Coconut Delight. Minum susu tapi terasa air kelapa. Manisnya susu tapi terasa minum air kelapa. Jadi, rasanya sekali teguk punya dua rasa yang menurutku itu ENAK banget...!


Beragam Cara Menikmati Frisian Flag Susu Kental Manis

Banyak cara menikmati Frisian Flag Susu Kental Manis. Tidak hanya diseduh saja tetapi juga bisa langsung dinikmati dengan berbagai bahan makanan dan minuman lainnya. Tapi, buat adik saya diseduh ataupun tidak keduanya sama enaknya.


Sedari kecil hingga sekarang, adik saya tidak lepas dari yang namanya mengkonsumsi susu kental manis rasa cokelat. Segelas susu bendera rasa cokelat dengan aromanya  yang memanggil sebagai bujukan untuk membangunkannya dari tidur. Sontak tanpa harus berkata banyak, adik saya langsung segera bangkit dari tempat tidurnya dan mulai beraktifitas.

Begitupun sebelum tidur, mulai dari masih menggunakan botol susu hingga sekarang menjadi segelas susu adalah pengantar tidur paling ampuh untuk menjemput mimpi indah. Tidak hanya mengetahui bagaimana proses pembuatan susu kental manis Frisian Flag. disini kami juga diberi beberapa cara menikmati Frisian Flag Susu Kental Manis yang gampang dan enak.


Ada barista di FF Cafe yang sudah menunggu untuk mendemokan 3 buah minuman segar yang di-mixing dengan Frisian Flag Susu Kental Manis yaitu Frisian Flag Chocorock, Frisian Chillhod Crumbs dan Frisian Flag Chocomint Mojito.


Frisian Flag Chocorock

Frisian Flag Chocorock adalah hasil dari perpaduan Frisian Flag Susu Kental Manis Full Cream Gold dengan wafer berbalut cokelat dan kacang. Ternyata minuman kreasi ini menjadi salah satu yang paling banyak digemari kemarin. Yap.. saya pun suka.

Bahan :
50 ml Frisian Flag Kental Manis Full Cream Gold
1 buah wafer chocolate choco rock
Kacang, (yang sudah di cincang kasar)
Es batu, secukupnya
Whipped Cream
Susu Kental Manis Chocolate
Air putih, secukupnya

Cara Membuat :
Masukkan wafer, air putih, es batu, Frisian Flag Kental Manis Full Cream Gold dan blend menjadi satu.
Lalu tuang kedalam gelas, beri Whipped Cream diatasnya dan taburi kacang serta Susu Kental Manis Chocolate
Frisin Flag Chocorock siap dinikmati.




Frisian Flag Chillhood Crumbs

kata Chillhood untuk penamaan kreasi minuman Frisian Flag selanjutnya diambil karena salah satu bahan akan mengingatkan kita pada masa kecil. Hmm.. apakah itu.

Biskuit regal. (heheh sebut merk 😜).

Memang bener kaan.. pasti deh, kalian punya masa dimana pernah makan biskuit regal yang dilumatkan dengan air lalu dinikmati, atau dimakan dengan cara dicelupkan ke susu cokelat dan teh. Kreasi minuman Frisian Flag yang satu ini juga gak kalah enaknya kok. Cuss kita buat yuk..

Bahan :
50 ml Frisian Flag Kental Manis Putih
Biskuit susu (cincang secukupnya biskuit susu untuk taburan)
Es batu, secukupnya
Air putih, secukupnya
Whipped Cream
Rainbow sprinkle

Cara Membuat :
Masukkan beberapa Frisian Flag Kental Manis Putih, biskuit susu, es batu dan air putih secukupnya lalu blend hingga tercampur rata.
Kemudian tuang kedalam gelas dan beri Whipped Cream diatasnya, taburi dengan cincangan biskuit susu dan rainbow sprinkle.
Frisian Flag Chillhood Crumbs siap dinikmati.



Frisian Flag Chocomint Mojito

Salah satu minuman yang paling membuat saya penasaran. Bagaimana rasa pencampuran antara susu cokelat dengan mint dan mojito yaa.. hmm.., yuk langsung saja kita buat.

Bahan :
50 ml Frisian Flag Kental Manis Cokelat
Sirup Mojito
Minuman soda (tanpa rasa)
Cincau atau agar-agar
Es batu, secukupnya
Daun mint

Cara Membuat :
Campur Frisian Flag Kental Manis Cokelat, sirup mojito, es batu dan air putih lalu di shake sebentar hingga tercampur rata.
Kemudian tuang kedalam gelas dan tuang minuman soda, beri cincau atau agar-agar diatasnya serta hiasi dengan daun mint.
Frisian Flag Chocomint Mojito siap dinikmati.


Video beragam cara menikmati Frisian Flag Susu Kental Manis dan serunya kunjungan pabrik :)

Bukan hanya bisa dinikmati sebagai varian yang dicampurkan kedalam minuman, Frisian Flag Susu Kental Manis juga bisa dinikmati sebagai taburan aneka makanan seperti taburan diatas roti, pisang goreng, martabak manis atau terang bulan. campuran untuk bahan kue serta membuatnya seperti selai (dulce leche).

Pisang Keju dengan Susu..nyummyy..!

Kunjungan ke Pabrik

PT. Frisian Flag Indonesia merupakan perusahaan susu nomor satu di Indonesia. Sebagai bagian dari Friesnland Campina, koperasi peternak sapi perah terbesar di dunia yang berpusat di Belanda. Frisian Flag Indonesia mengacu pada pengalaman global dan kemitraan jangka panjang dengan peternak sapi perah lokal agar dapat menghadirkan sumber gizi terbaik yang terkandung dalam susu.

Untuk itu pengoperasian fasilitas produksi berada di Pasar Rebo dan Ciracas, Jakarta Timur. Kunjungan pabrik kali ini yang saya lakukan berada di Pabrik Frisian Flag Ciracas, dimana pengoperasian produksi susu kental manis dan susu cair. Sedangkan pabrik Frisian Flag di Pasar Rebo pengoperasian produksi susu bubuk.

Sebelum menjelajah pabrik, kami semua mendapatkan banyak informasi menarik mengenai seluk-beluk mengenai susu serta sejarah dibaliknya Frisian Flag yang diisi oleh beberapa pembicara, yakni :

Bpk. Andrew F.Saputra, Coorporate Affairs Director PT. Frisian Flag Indonesia.
Bpk. Aryono B.Ardhoyo, Coorporate R&D Manager PT.Frisian Flag Indonesia dan
Ibu Tanti, Marketing Manager PT.Frisian Flag Indonesia.

Ketika mulai kunjungan pabrik Frisian Flag dimulai, kami semua dibagi dua regu hanya saja semua barang tidak boleh dibawa kedalam pabrik. Perhiasan serta aksesoris yang menempel ditangan serta dompet sebaiknya disimpan dan tidak dibawa kedalam pabrik termasuk kamera. Hanya kamera perwakilan dari FF lah yang diperbolehkan memasuki area pabrik saat itu.


Bahkan ada standar seragam khusus yang akan kami gunakan nantinya. Yang sebelumnya sudah diperagakan terlebih dahulu tentang pemakaian seragam oleh pewakilan FF layaknya seorang pramugari. Sebelum mulai memasuki pabrik kami semua diharapkan untuk mencuci tangan dan tidak diperbolehkan jalan keluar garis lintasan serta menyentuh mesin pengoperasian.

Mulai dari proses pembuatan kaleng susu kental manis, pengisian, pengepakan, pelabelan hingga sterilisasi susu cair. Melihat kaleng demi kaleng tersebut rasanya menyenangkan sekali hilir mudik dari satu tempat ke tempat lainnya.

Photo dari mba rien

Pabrik yang beroperasi 24 jam setiap hari selama 365 hari. Itu sebabnya akan ada 3 shift karyawan yang akan secara berkala melakukan pengecekan. Semua pengoperasian dilakukan dengan menggunakan mesin. Hingga rata-rata mampu memproduksi susu sebanyak 600 buah per-menit, WOW..!

Photo dari mba anne
Selesainya kunjungan ke dalam pabrik Frisian Flag, acara selanjutnya adalah makan siang, pembagian doorprize dan juga goodie bag.

Gak nyangka kalau ternyata hari itu saya beruntung mendapatkan doorpize utama sebuah stand mixer philips terbaru. Ditambah banyaknya goodie bag yang kami terima, Diantaranya ada satu set teflon, satu set tupperware, juice blender serta produk Frisian Flag Susu Kental Manis. Selain mendapatkan pengalaman seru, pengetahuan seputar susu dan juga bertemu dengan teman-teman blogger lainnya. Double happy..!

Photo dari mba rien
Beragam Cara Menikmati Frisian Flag Susu Kental Manis memang rasanya meriah sekali. Saking meriahnya karena merupakan sumber gizi, nutrisi yang baik untuk tubuh dan terasa enak dilidah tetapi juga teringat sepanjang masa. Melekat dihati.

Terimakasih Frisian Flag :)





Info lebih lanjut bisa langsung mampir ke social media Frisian Flag :
https://www.frisianflag.com/
Instagram : @susu.frisianflag
Facebook : Frisian Flag Indonesia
Twitter : @susu_bendera

Label: , , , , , , , , , ,