Devil's Food Cake

Devil's Food Cake merupakan hasil eksekusi weekend kemarin untuk kue ultah sendiri, padahal ulang tahun udah lewat. tapi berhubung pengen banget makan cake chocolate dan whipcream sudah nangkring dikulkas dari sebulan yang lalu.. (untung belom expired) yuuuukk aahhh kita show off di dapur...
betewe sabtu kemaren, tumben ada yang dateng kerumah :p ... *lalalalaaa... lanjut baking hihihhi

Devil's Food Cake atau DFC ini merupakan salah satu jenis buttercake, dimana cara pembuatannya butter dan gula di kocok terlebih dahulu hingga lembut kemudian bahan-bahan lainnya dimasukkan.




Resep DFC yang aku pakai hasil intip dari blognya mba Ricke - Ordinary Kitchen, yang telah di adaptasi dari Martha Stewart, bukan Martha Tilaar yaa... *apasiihhh win..


Devil's Food Cake
Source : Ricke Indriani adapted from Martha Stewart

untuk 1 resep bisa dipakai 3 layer cake bulat dengan diameter 22 -24cm

Bahan :
1 1/2 cups (339 gr) unsalted butter 
3 1/4 cup (60 gr) cokelat bubuk
1/2 Cup (120 ml) air mendidih
2 1/4 cups (450 gr) gula kastor ----> dikurangi menjadi 300gr saja, biar tidak terlalu manis
1 sdm pure vanilla extract ---> diganti jadi 1 sdt essence vanilla
4 butir telur ukuran besar, dikocok lepas
3 cups (360 gr) cake flour --> tepung terigu protein rendah
1 sdt soda kue
1/2 sdt garam
1 cup (240 ml) susu cair

Chocolate Ganache
250 ml whipcream cair
500 gr cokelat bubuk
30 gr butter

Simple syrup :
100 gr gula pasir
100 ml air
1/2 sdt vanilla

Selai blueberry / strawberry (aku gak pake soalnya gak ada)

Cara Membuat :
1. Panaskan oven 180'C, siapkan loyang. olesi dengan mentega lalu dialasi dengan kertas roti dan oles dengan mentega kembali. kemudian taburi seluruh permukaan loyang dengan cokelat bubuk, sisihkan.
2. Ayak cokelat bubuk, masukkan air mendidih. Aduk rata hingga berbentuk pasta, sisihkan dan biarkan dingin.
3. Campur dan ayak tepung terigu, soda kue dan garam. sisihkan.
4. Kocok butter dengan Mixer speed RENDAH hingga lembut. kemudian masukkan gula kastor sedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga lembut dan pucat ( kurang lebih selama 5 menit).
5. Tambahkan essece vanilla, kocok rata. kemudian masukkan telur dan kocok kembali hingga adonan rata dan tida memisah.
6. Campurkan susu cair ke dalam adonan pasta cokelat, aduk hingga larut dan tercampur rata.
7. dengan Mixer speed RENDAH, masukkan campuran terigu secara bertahap. berselang-seling dengan campuran susu dan cokelat. awali dan akhiri dengan campuran terigu. terakhir aduk rata dengan spatula.
8. Tuang adonan ke dalam loyang yang telah di siapkan dan oven hingga matang kurang lebih 45 menit (tergantung pada masing-masing oven). lakukan test tusuk dan test sentuh.
apabila sudah matang, keluarkan dari oven. biarkan hangat selama kurang lebih 15 menit. keluarkan cake dari loyang dan dinginkan cake di cooling rack.

Ganache :
Panaskan whipcream hingga lembut dan hangat di atas api kecil. masukkan dark cooking chocolate dan butter. Aduk hingga meleleh. aduk terus hingga tercampur rata dan kental. dinginkan dan masukkan ke dalam wadah, tutup dengan plastik wrap. simpan di kulkas selama 6 jam.
saat mau digunakan, keluarkan adonan ganache dari kulkas, biarkan dalam suhu ruang kemudian kocok dengan mixer hingga lembut dan ringan. 
lalu Ganche siap digunakan..

Simple syrup :
Didihkan air dan gula pasir hingga gula larut. tambahkan essence vanilla.
Simple syrup siap digunakan

Penyelesaian :
1. Belah cake menjadi 2 bagian atau 3 bagian
2. Ambil salah satu cake, basahi dengan simple syrup, olesi selai dan ganache.
3. Tumpuk dengan cake yang lain. ulangi langkah diatas.
4. Cover seluruh permukaan cake dengan Ganache Chocolate
5. Hias sesuai selera

Jadiiii deeeeeh..... ^_____^ sluurrrppp *elap iler

Buat elooo yang ngaku pecinta cokelat, jangan ngaku-ngaku deh kalo belom nyobain cake satu ini, aslliii... nyoklat abiissss, bikin keblinger tapi gak enek. karena aku Choco Lovers, cake yang satu ini adalah Heaven. dinikmati dimusim hujan sambil selonjoran nonton berita dan infotainment rasanya sungguh luar biasa, apalagi ditemenin seseorang, aiiiihh...
Nikmat Allah mana yang kau dustakan, nak :).

oiya sebenernya selain buat cake ini dirumah bunda juga ikut-ikutan baking..
buat cupcake ketan hitam, resepnya pernah aku tulis disini

Devil's Food Cake mejeng cantik bareng Cupcake Ketan Hitam


Selamat Weekend,
Selamat Ketemu Pacar,
Selamat Nyoklaattttt

aaahhhh... Heaven ..!!

Label: ,