Ayam Panggang Mediterania

Untuk urusan makanan kalau disuruh milih antara ayam atau ikan, aku lebih memilih ayam. Hehehe.. kenapa? Soalnya kadang ikan suka gak tahan dengan bau amisnya. Yaaa..memang sih tergantung yang masaknya. Tapi, tetep aja gak suka. Apalagi ikan mas goreng -__-.

Kalau olahan ayam, aku paling suka masakan mama ayam bumbu pedas manis, kalau mama udah masak itu aku pasti nambah lagi, lagi dan lagiiii..., tapi kali ini aku mau buat masakan dengan olahan ayam yang berbeda, yang gak pernah di masak dirumah.

Mau buat ayam yang gak di goreng, di kukus maupun di bakar, tapi, di oven dengan bumbu-bumbu sederhana.  Awalnya sih nemu resep di bbcgoodfood.com tentang masakan Mediterania. Untuk sebagian orang pasti asing mendengarnya, apalagi sayaaa..benar-benar merupakan hal baru. tapi ngomong-ngomong tentang Mediterania, olahan masakan daerah sana memang terkenal dengan makanan yang sehat.

Selain Olive Oil sebagai bintang utama yang sering kali digunakan untuk berbagai masakan, dari salad maupun untuk main course. Bahkan pernah saya posting beberapa waktu lalu mengenai Salad Selada Udang Mediterania itu, simple tapi enak. Merupakan salah satu menu diet yang bergizi dan juga menyehatkan.



Untuk menumpas rasa penasaran saya akan hidangan mediterania ini, kali ini saya mau buat Mediterranean Chicke Tray Bake / Ayam Panggang Mediterania, dengan beberapa modifikasi penyesuaian isi kulkas juga sih hehehe, resep asli bisa di lihat disini : http://www.bbcgoodfood.com/recipes/1570635/mediterranean-chicken-tray-bake



Ayam Panggang Mediterania

Bahan :
250 gr dada ayam
Garam, secukupnya
Lada hitam, secukupnya
1 bh Bawang bombay, potong-potong
Olive Oil
Paprika merah, potong memanjang
200 gr Tomat cherry, potong menjadi 2 bagian
Keju, secukupnya
5 siung bawang putih, di rajang
3 siung bawang merah, di rajang
1 bh kentang, potong memanjang




Cara Membuat :
1. Bersihkan dada ayam lalu balurkan garam dan lada hitam keseluruh permukaan ayam.



2. Dalam bake pan atau loyang taruh paprika, bawang bombay, bawang putih, bawang merah dan Olive Oil kemudian di oven selama 10 menit.



3. Taruh ayam di dalam bake pan atau loyang beserta potongan kentang dan tomat cherry. Kemudian oven kembali selama 25-30 menit.



4. Angkat dan sajikan, selagi panas enak banget loh.

ketawan banget yaa itu lap nya rada kotor hahhaa.. :))


Rasanya?...
Ini pertama kalinya aku mencoba ayam yang dimasak dengan cara di oven, sewaktu ayam keluar dari oven. wanginya sungguh menggoda iman. Adekku aja gak sabaran untuk mencobanya, bolak-balik kedapur terus untuk ngecek apakah ayamku sudah matang atau belum hihihihi. Untuk seleraku Mediterranean Chicken Tray Bake / Ayam Panggang Mediterania ini cocok banget, ayamnya masih juicy. Ternyata dengan penggunaan bahan yang sederhana mampu membuat rasa ayam panggang ini semakin kaya dan nikmat. serta Olive Oil yang digunakan gak membuat kita khawatir akan nyelekitnya di tenggorokan, karena tekstur dan rasanya, malah mirip dengan air (menurut-ku). Khawatir dengan kolesterol? don't worry pokoknyaa.. aku sering tuh kepoin timeline @OliveOil_ID untuk info lengkap seputar Olive Oil yang selama ini ternyata punya segudang manfaat, atau bisa di gabung di fanpage Bergabunglah di Revolusi Olive Oil.

Seperti yang kita ketahui kebanyakan masakan Mediterania cocok sekali untuk diet dan sehat tentunya. Selain itu Extra Virgin Olive Oil merupakan elemen penting dalam program diet Mediterania yang bisa membantu kita terhindar dari penyakit Kardiovaskular (yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah). Deuuh ngeri yah.. sebelum terlambat. Ada baiknya kita ubah pola asupan makan kita ke yang lebih sehat sejak dini. Daripada menyesal dihari tua ^_^ eheheh..



Stay Healthy and Delicious
xoxo

Label: ,